Mulai 8 April, Pembatalan Tiket Mudik Kena Potongan 25 Persen

JagatBisnis.com –  PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan kelonggaran pada penumpang yang batal berangkat menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Pelanggan dengan keberangkatan 5-7 April 2022 yang tidak membawa hasil negatif RT-PCR 3×24 jam atau Rapid Test Antigen 1×24 jam, dapat melakukan pembatalan dengan pengembalian bea 100 persen.
Sementara untuk keberangkatan 8 April dan seterusnya akan diarahkan untuk membatalkan tiketnya dan dikenakan bea batal 25 persen.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan kebijakan tersebut dalam rangka masa transisi selama masa sosialisasi kebijakan baru bagi pelanggan KA Jarak Jauh menyesuaikan dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022. Karena syarat naik KAJJ masih tetap. Sehingga penumpang yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

“Berdasarkan SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022, syarat naik KAJJ mulai 5 April 2022 di antaranya, penumpang tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19 jika sudah melakukan vaksin booster. Sementara untuk penumpang yang sudah melakukan vaksinasi kedua, masih perlu menunjukkan hasil negatif rapid test antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam. Lalu, untuk penumpang yang baru melakukan vaksinasi pertama diminta menunjukan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam,” bebernya.

Baca Juga :   H-30, Pemesanan Tiket KA Mudik Lebaran Mulai Dibuka

Dia menambahkan, bagi penumpang yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3×24 jam. Lalu untuk penumpang dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antingan atau RT-PCR dan wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Baca Juga :   H-30, Pemesanan Tiket KA Mudik Lebaran Mulai Dibuka

“Kami menetapkan masa Angkutan Lebaran pada H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April s.d 13 Mei 2022. Sampai dengan 6 April. Adapum jumlah tiket yang terjual pada periode tersebut sebanyak 611.013 tiket KJJ atau 22 persen dari total tiket yang disediakan,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO