Harga Telur Ayam di Kaltim Meroket Capai Rp38.000 per Kilogram

JagatBisnis.com – Harga telur ayam ras di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, merangkak naik sekitar Rp15.000 per kilogram pada awal Ramadan 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Bustam mengatakan, harga telur ayam ras kini mencapai Rp38.000 per kilogram.

“Sejak pekan lalu harga telur ayam ras naik, sebelumnya di sejumlah pasar tradisional telur ayam ras dijual dengan harga Rp23.000 per kilogram,” ujarnya di Penajam, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga :   Harga Telur dan Daging Ayam Potong di Tegal Masih Tinggi

Harga daging ayam potong (broiler), daging sapi dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional lanjut dia, juga terpantau mengalami kenaikan sejak pekan lalu.

Daging ayam potong biasanya dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional Rp36.000 per kilogram, saat ini harga daging ayam menjadi Rp38.000 per kilogram.

Kemudian daging sapi yang sebelumnya dijual dengan harga Rp130.000 per kilogram, saat ini pedagang menjual daging sapi dengan harga Rp135.000 per kilogram.

Baca Juga :   Peternak Ayam Tetap Rugi, Meski Harga Telur Naik

Sedangkan Harga bawang putih menurut dia, saat ini Rp35.000 per kilogram yang sebelumnya dijual pedagang dengan harga Rp34.000 per kilogram.

“Kenaikan harga sejumlah komoditas kebutuhan bahan pokok itu dipicu jumlah permintaan tidak sebanding dengan persediaan yang ada saat ini,” ucapnya.

Untuk harga komoditas kebutuhan bahan pokok lainnya dan sayur-sayuran di sejumlah pasar tradisional jelas dia, terpantau stabil.

Baca Juga :   Harga Telur Mulai Naik, Mendag Minta Jangan Dibesar-besarkan

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara tetap melakukan pengawasan agar kenaikan harga kebutuhan bahan pokok tidak melonjak terlalu signifikan.

Kendati ada kenaikan harga kata Bustam, persediaan kebutuhan bahan pokok selama Ramadhan hingga Lebaran di pasaran dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara. (pia)

MIXADVERT JASAPRO