KKP Kenalkan Program Ekonomi Biru ke Negara-negara IORA

JagatBisnis.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah memperkenalkan program ekonomi biru Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke Sekretaris Jenderal IORA Duta Besar Salman Al-Farisi dan negara-negara yang tergabung dalam forum IORA (Indian Ocean Rim Association).

“Kami juga punya komitmen untuk menerapkan prinsip blue economy lewat tiga program terobosan. Salah satunya kebijakan penangkapan terukur. Ini yang bisa kita suarakan ke negara-negara IORA,” kata Menteri Trenggono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (4/4/2022).

Trenggono menjelaskan, saat ini pihaknya memiliki tiga program terobosan di bidang perikanan tangkap dan juga budidaya. Meliputi penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap WPPNRI untuk keberlanjutan ekologi, peningkatan PNBP, dan kesejahteraan nelayan.

Baca Juga :   Stok Ikan Jelang Tahun Baru Dipastikan Cukup

“Kemudian pengembangan perikanan budidaya yang berorientasi ekspor dengan komoditas unggulan antara lain udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Lalu pembangunan kampung perikanan budidaya sesuai dengan kearifan lokal untuk pengentasan kemiskinan sekaligus menjaga komoditas bernilai ekonomis tinggi dari kepunahan,” urainya.

Baca Juga :   KKP Bakal Tangkap Kapal Illegal Fishing dengan Menggunakan Teknologi Satelit

Sementara itu, Dubes Salman menyambut baik program-program yang diusung KKP khususnya yang berkaitan dengan konsep ekonomi biru. Karena kebijakan tersebut selayaknya ditonjolkan ke negara-negara yang tergabung dalam forum IORA. (eva)

MIXADVERT JASAPRO