Keturunan PKI, Diperbolehkan Daftar TNI

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

JagatBisnis.com – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang memperbolehkan keturunan PKI mengikuti tes penerimaan prajurit TNI tahun 2022. Karena tidak ada dasar hukum yang melarang keturunan PKI untuk bisa mendaftar.

Pernyataan tersebut tersebut ditanggapi oleh Pimpinan Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 1965 Bejo Untung sebagai kabar yang menggembirakan. Sehingga kebijakan ini patut diacungi jempol.

“Saya sudah menonton video penjelasan Andika yang diunggah di akun YouTube Panglima TNI. Saya pun langsung menyebarkan ke teman-teman korban 65 dan keluarganya. Mereka menyambut baik atas pernyataan tersebut,” katanya, Sabtu (2/4/2022).

Dia menjelaskan, kemungkinan pernyataan ini ada setelah salah satu anggota korban 65 yang pernah mendaftar ke Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. Namun, saat akan mengikuti pelatihan, yang bersangkutan dipecat. Karena, diketahui kakeknya termasuk orang yang pernah menjadi tahanan politik. Tindakan itu sangat mengecewakan.

“Maka, pernyataan Panglima menjadi kabar yang menggembirakan. Keputusan itu sedikit menghapuskan diskriminasi. Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Panglima, sehingga anak cucu dari orang-orang yang diketahui sebagai anggota PKI itu bisa menjadi TNI,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO