Amerika Serikat Mulai Vaksin Dosis Keempat

JagatBisnis.com – Pandemi Covid-19 di dunia masih belum usai. Meski demikian, sejumlah negara sudah mulai melonggarkan aturan protokol kesehatan.

Namun di belahan dunia lain, kasus COVID-19 meningkat sehingga aturan protokol kesehatan harus diperketat. Bahkan, ada negara yang kembali menerapkan lockdown untuk mencegah penularan semakin meluas.

Bagaimana perkembangan selengkapnya? Berikut rangkuman kabar COVID-19 dunia yang telah kumparan rangkum:

Baca Juga :   Seberapa Jauh Amerika Akan Membantu Ukraina?

Presiden AS Joe Biden telah menerima vaksin booster kedua atau dosis keempat pada 30 Maret lalu. Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah AS yang telah mengesahkan dosis keempat vaksin corona bagi masyarakat berusia 50 tahun ke atas.

Jika melihat roadmap yang dikeluarkan WHO tahun ini, ada empat pengelompokan prioritas vaksin COVID-19, yaitu:

Baca Juga :   Amerika Serikat Tak Berlakukan Lagi Pakai Masker di Transportasi Umum

Prioritas paling tinggi: lansia, tenaga kesehatan, dan mereka dengan immunocompromised atau orang yang memiliki masalah imun;

Prioritas tinggi: orang dengan penyakit bawaan/komorbid, ibu hamil, guru dan semacamnya, pekerja, sosiodemografi yang kurang beruntung, subpopulasi dengan risiko lebih tinggi, COVID-19 yang parah;

Baca Juga :   AS Pertimbangkan Beri Vaksin Virus Corona Dosis Ketiga untuk Anak

Prioritas menengah: sisa orang dewasa dan anak-anak dan remaja dengan penyakit bawaan/komorbid;
Prioritas rendah: anak dan remaja yang sehat.
Meski WHO belum secara jelas merekomendasikan vaksin dosis keempat, namun negara seperti AS dan Denmark mulai memberikan dosis vaksin keempat dimulai dari lansia. (pia)

MIXADVERT JASAPRO