Brantas Abipraya Tuntaskan Penataan Kawasan Kota Kupang

JagatBisnis.com – PT Brantas Abipraya (Persero) telah menuntaskan pengerjaan penataan kawasan Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal inipun ditandai dengan diresmikannya kawasan tersebut oleh Presiden Joko Widodo (24/3). Dalam pengerjaan ini Brantas Abipraya merampungkan Pantai Lai-Lai Besi Kopan (LLBK), Pantai Kelapa Lima dan Koridor 3 Jalan Frans Seda.

“Ini adalah upaya kami (Brantas Abipraya) dalam berkontribusi membangun kawasan Kota Kupang agar terlihat lebih rapih dan indah. Semoga dengan telah selesainya pengerjaan tiga kawasan ini dapat menambah kenyamanan masyarakat sekitar dan dapat mengundang lebih banyak lagi wisata lokal dan dari manca negara,” ujar Widyo Praseno, Direktur Operasi II Brantas Abipraya.

Bukannya tanpa alasan, misalnya di kawasan LLBK. Dikenal dahulunya sebagai ruang jalan dan akses kegiatan ekonomi bagi pedagang kaki lima (PKL) saja, kini LLBK hadir dengan wajah baru dengan meningkatkan kualitas ruang terbuka dan menata PKL yang dapat menampung 44 kios. Di sini Brantas Abipraya telah menyelesaikan pengerjaan renovasi Heritage Harbour, renovasi Pier & View Deck, Jetty pedagang, Gazebo Rumbia, landmark Tugu Selamat Datang, sea wall & toe protection, stepping plaza, promenade, jalan Cobble Stone dan drainase. Dipastikan dapat menambah nyamannya pengunjung saat berkunjung dan berdestinasi wisata menikmati suasana hangat matahari terbenam.

Baca Juga :   Tingkatkan Keahlian BUMN Konstruksi, Brantas Abipraya dan Sembilan BUMN Lainnya Lahirkan I2RI dan I2LI

Sedangkan untuk pembangunan Kawasan Kelapa Lima, lokasi ini merupakan sentra penjualan ikan bagi masyarakat setempat dan secara eksisting telah memiliki tempat untuk berjalan. Di tempat ini Brantas Abipraya melakukan penataan dengan mengembalikan view ke arah pantai serta memaksimalkan ruang terbuka publik. Menambah keelokkan Pantai Kelapa Lima, Brantas Abipraya membangun Bangunan Pusat Kuliner, Panggung Budaya, Jetty atau dermaga untuk pedagang. Di sinipun masyarakat dapat istirahat sambil berswa foto di gazebo berbentuk sasando.

Baca Juga :   Menambah Deretan Bendungan, Brantas Abipraya Garap Bendungan Mbay

Tak hanya itu, pada penataan di Koridor 3 Jalan Frans Seda yang merupakan koridor jalan nasional yang juga berfungsi sebagai jalan utama kota yang menghubungkan sarana prasarana penting perkotaan inipun kena sentuhan Brantas Abipraya. Koridor ini ditata BUMN konstruksi ini dengan meningkatkan kualitas ruang terbuka publik dan lanskap kawasan, merampungkan pengerjaan pedestrian, street furniture dan drainase.

Baca Juga :   Brantas Abipraya dan PUPR Bangun RISHA untuk Korban Badai Seroja di Kupang

“Bersama Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), kami membangun kembali tiga kawasan ini dengan mengedepankan budaya lokal, sehingga unsur tradisional tetap melekat dan sebagai bukti nyata komitmen kami yaitu BUMN yang selalu ada untuk Indonesia dengan membangun infrastruktur unggul,” tutup Seno.(adv)

MIXADVERT JASAPRO