Tes Renang dan Akademik dari Seleksi Prajurit Dihapuskan

JagatBisnis.com –  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menghapus sejumlah syarat dalam proses seleksi penerimaan prajurit, seperti tes renang dan tes akademik.
Hal itu diputuskan dalam rapat penerimaan prajurit TNI (Taruna Akademi TNI, Perwira Prajurit Karier TNI, Bintara Prajurit Karier TNI dan Tamtama Prajurit Karier TNI) Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga :   Jokowi Minta TNI-Polri Miliki Talent Digital

“Terkait mekanisme penerimaan prajurit TNI mulai dari test mental Ideologi, Psikologi, Akademik, Kesamaptaan Jasmani, hingga Kesehatan. Maka, kami memutuskan beberapa perubahan di dalam rangkaian proses seleksi penerimaan. Diantaranya, dalam tes Kesamaptaan Jasmani, tidak ada lagi renang dalam tes ketangkasan,” katanya seperti diunggah dari akun YouTube Andika, Rabu (30/3/2022).

Sementara dalam bidang akademik, lanjutnya, pengambilan nilai calon peserta berdasarkan transkrip nilai pendidikan terakhir. Jadi, tes akademik ini sudah tinggal ambil dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan transkrip nilainya.

Baca Juga :   Ini Alasannya Jokowi Tak Pilih Laksamana Yudo Sebagai Panglima TNI

“Karena bagi saya yang lebih penting itu tadi. Ijazah SMA itu lah akademik mereka, jadi tidak perlu lagi ada tes akademik. Nilai akademik cukup dari ijazah. Kalau adaUjian Nasional (UN, lebih akurat lagi. Perubahan syarat itu harus segera diimplementasikan,” tegasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO