Pagar Tembok Stasiun Purwokerto Dipercantik dengan Mural

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menggelar festival mural, pada Senin (28/3/2022) hingga Selasa (29/3/2022). Hal itu dilakukan untuk mempercantik pagar tembok sebelah timur Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Festival mural ini diikuti 30 tim yang berasal dari Kabupaten Banyumas, khususnya Purwokerto, Kabupaten Purbalingga, Tegal, Brebes, dan Kebumen.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi menjelaskan, festival seni mural ini melukis pagar tembok Stasiun Purwokerto yang memiliki panjang 284 meter dan tinggi 1,5 meter. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media untuk berkreasi para seniman untuk memperindah dan mempercantik area terbuka di sepanjang Jalan Stasiun Purwokerto.

“Sehingga hal itu nantinya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa layanan transportasi KA,” katanya, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga :   HUT RI Ke-77, KAI Gelar Kegiatan Kereta Bersejarah Menyapa

Dia menjelaskan, kegiatan ini mengusung tema “Ikon Banyumas”. Tema itu diangkat agar dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat tentang ikon Banyumas dalam bentuk lukisan. Sehingga ke depannya masyarakat dapat lebih mengenal Kabupaten Banyumas.

Baca Juga :   Diduga Membongkar Bangunan Cagar Budaya, Ini Tanggapan PT KAI

“Maksud dan tujuan kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum ini adalah sebagai wadah bagi warga luas untuk berkarya dan berkreasi dengan melakukan kegiatan positif. Menjadi wadah kebebasan berekspresi dan untuk menyalurkan ide melalui karya seni mural serta menjadi ajang apresiasi untuk para seniman mural di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya untuk tetap berkarya,” ungkapnya.

Baca Juga :   Warga Terima Uang Santunan Dampak Sosial Reaktivasi Stasiun Tawang

Selain itu, kata dia, festival mural tersebut juga sebagai upaya untuk menangkal aksi vandalisme atau corat coret dinding tanpa tema yang justru merusak keindahan sekitar termasuk area tembok pagar di sepanjang Jalan Stasiun Purwokerto.

“Selain beradu kreativitas mural untuk memperebutkan hadiah, mereka juga bersama-sama mempercantik Kota Purwokerto melalui seni lukis dinding,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO