Sejumlah Daerah di Gunungkidul Dilanda Hujan Es

JagatBisnis.com – Senin (28/3/2022) sore, hujan es terpantau terjadi di sejumlah wilayah di Gunungkidul. Hujan deras yang disertai munculnya butiran es melanda beberapa kapanewon di antaranya seperti Semanu, Karangmojo ataupun Ponjong.

Seperti yang terjadi di Padukuhan Pragak, Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu. Menurut penuturan sejumlah warga Pragak, hujan kali ini juga disertai dengan angin kencang dan suara gemuruh guntur sehingga membuat suasana mencekam.

Salah seorang warga Dusun Pragak Katini (50) tak menyangka jika terjadi hujan es. Fenomena ini cukup langka dan baru kali ini merasakannya secara langsung. Tubuhnya diguyur hujan es, di mana caping (topi petani) dan jas hujannya terasa berat.

Baca Juga :   Hujan Es di Malang, Begini Penjelasan BMKG

“Itu hujannya kalau kena kulit sakit sekali,” tutur Katini.

Katini menyebutkan, sekitar pukul 15.00 WIB ia tengah berada di ladang mencari pakan ternak. Saat asyik mencari pakan, tiba-tiba hujan deras. Ia langsung mengenakan jas hujan setengah lengan untuk melindunginya.

Awalnya dirinya hanya mengira hujan biasa. Tapi baru sadar jika hujan es saat butiran-butiran es mengenai kulitnya. Di mana butiran-butiran es agak besar mengenai di tangan sehingga rasanya sakit seperti dilempari batum

Baca Juga :   Hujan Es Landa di Wilayah Tebing Tinggi

Warga yang lain, Arista Putri (24) mengatakan awalnya kondisi cuaca cukup cerah namun suhu saat iru cukup panas. Namun sekitar pukul sekitar pukul 15.00 WIB, cuaca di wilayahnya tiba-tiba mendung gelap. Tak berselang lama hujan turun begitu deras dan terdengar suara tak biasa dari genteng serta asbes rumahnya.

“Kebetulan saya pas di depan rumah. Di teras rumah. Itu atapnya dari asbes sehingga pas hujan tadi agak aneh,”ujar dia.

Bahkan ia seperti mendengar suara lemparan batu berkali-kali di atas genteng. Setelah itu ia mencoba pergi ke luar rumah dan melihat halaman. Ternyata terdapat butiran-butiran putih layaknya es batu seukuran batu kecil (kerikil).

Baca Juga :   Bekasi Alami Hujan Es, Warga pun Panik

“Saya ambil yang di teras dan di pasiran depan rumah, ternyata memang hujan es,” paparnya.

Hujan es tadi juga disertai dengan suara gemuruh guntur dan angin yang cukup kencang. Sekitar 30 menit hujan begitu deras sempat reda sebentar, namun kemudian cuaca kembali gelap dan angin begitu kencang serta hujan sangat deras.(pia)

MIXADVERT JASAPRO