PPLN Antre Tes PCR di Bandara Soetta

JagatBisnis.com – Sebuah video yang memperlihatkan antrean panjang penumpang pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Terminal kedatangan Bandara Sorkarno-Hatta, Tangeran, Banten menjadi viral, Minggu (27/3/2022) malam. Membludaknya penumpang itu diduga disebabkan menunggu giliran tes PCR.

Dalam video yang beredar tampak ratusan penumpang berteriak saat mengantre. Tidak ada petugas bandara atau sistem pengaturan antrean yang terlihat dalam video tersebut. Para penumpang pun menyayangkan tidak ada sistem atau pengaturan untuk mengurai antrean.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Kementerian perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati membeberkan, jika angka PPLN saat ini melonjak, khususnya bagi pelaku perjalanan dengan tujuan umrah. Pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura 2 (AP2) untuk mengurai antrean.

Baca Juga :   Kemendagri: Penanganan PMK di Daerah harus Dipercepat

“Kalau ada keramaian, saat ini kami melaui otoritas bandara Soekarno Hatta bersama dengan AP2 dan satgas bandara tengah melakukan dan akan mempersiapkan fasilitas tes PCR yang lebih memadai untuk peningkatan PPLN. Sehingga dapat mengurai antrean,” jelasnya, Senin (28/3/2022).

Baca Juga :   Viral, TKA Pakai APD Berkeliaran di Bandara Soetta

Dia mengakui, kini syarat masuk ke Indonesia tanpa karantina dan harus tes PCR. Aturan itu merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 dan berlaku di semua bandara di Indonesia. Pelaksaan tes PCR dan pemeriksaan syarat kesehatan dilakukan kantor kesehatan bandara di bawah Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :   PCR Kit dan Vaksin Covid Produksi Bio Farma Dipamerkan di Expo 2020 Dubai

“Hal tersebut merupakan langkah yang diambil pemerintah karena hingga saat ini perkembangan Covid-19 di Indonesia berangsur membaik. Karena itu pemerintah memutuskan untuk mengambil beberapa langkah-langkah pelonggaran,” kata Jokowi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO