Internet Merauke-Timika Mendadak Hilang

Cara uji kecepatan jaringan internet wifi online

JagatBisnis.com – Layanan jaringan telekomunikasi di Kabupaten Merauke mengalami gangguan sejak hari Minggu, 27 Maret 2022, pukul 11.21 WIT hinga hari ini.

PT Telkom Indonesia sedang berupaya memperbaiki layanan Telkom Group wilayah Kabupaten Merauke dan sekitarnya.

General Manager Telkom Papua, Agus Widhiarsana menuturkan penurunan kualitas layanan terjadi akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Merauke – Timika.

Baca Juga :   800 TNI-Polri Diturunkan untuk Amankan Tahun Baru di Mimika

“Kerusakan pada jarak 289 kilo meter, dari tepi pantai Merauke di kedalaman 59 meter (segmen laut). Dampak dari gangguan itu mencakup layanan suara maupun data fixed dan mobile broadband,” jelasnya, Senin (28/3/2022) dalam keterangan persnya.

Baca Juga :   Harga Internet di Indonesia Lebih Mahal dari Vietnam

Telkom terus berupaya memulihan kualitas layanan di area terdampak melalui link back up via Palapa Ring Timur dan sistem komunikasi satelit.

“Beberapa layanan sudah normal, termasuk Global System For Mobile Communications (GSM), tapi layanan intenet masih terbatas dan kami upayakan untuk menyelesaikan hingga normal kembali,” ujarnya.

Baca Juga :   Di Papua, Pertalite Dijual Rp50 Ribu per Liter

Kata Agus, untuk perbaikan kabel yang terganggu, Telkom melalui Telkom Infra akan menyiapkan kapal dan tim.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan yang terdampak. Kami akan mempercepat perbaikan agar layanan kembali normal dan dapat digunakan seperti semula,” Agus berujar. (pia)

MIXADVERT JASAPRO