Stop Kebiasaan Mencium Bayi Orang Lain

JagatBisnis.com-Bayi memang menggemaskan, terutama bagi para ibu. Tidak heran ketika melihat bayi, muncul keinginan mencubit atau mencium. Namun, perlu disadari, kontak fisik dari orang lain terhadap bayi dapat membahayakan bayi itu sendiri, misalnya sakit.

“Stop cium-cium bayi orang. Hati-hati, ciuman ibu bisa jadi penyebab bayi orang jadi sakit,” kata Dokter spesialis Anak Lucky Yogasatria, seperti dikutip dalam unggahan video reels Instagram pribadinya, dalam konten edukasi mengenai kebiasaan orang menyentuh bayi orang lain, Minggu (27/3/2022).

Dia mengaku, para orang tua juga masih belum bisa tegas ketika orang lain memegang bahkan mencium bayinya. Karena ketidaktegasan itu, orang tua umumnya hanya diam meski tindakan tersebut berisiko bagi anak.

Baca Juga :   Kasus Gagal Ginjal Anak Mulai Diselidiki Kejagung

“Kulit bayi itu sensitif. Jadi, rentan alergi dan rentan terinfeksi. Jangan setiap ketemu bayi, walaupun lucu dan gemas langsung pengen cium. Apalagi tidak izin dulu. Jadi, keinginan mencium harus bisa ditahan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pelaku Penusukan Terhadap Anak di Cimahi Ditangkap Polisi

Dia menjelaskan beberapa penyakit kulit yang bisa menular, ketika bayi ada kontak fisik secara langsung, baik melalui sentuhan apalagi ciuman. Selain virus, bahan-bahan kimia yang menempel di wajah, seperti lipstik dan bedak juga sangat berbahaya untuk bayi Oleh karena itu, sangat penting untuk menghargai bayi orang lain. Sebab, ketika bayi itu sakit, yang akan merasa sedih bukan orang lain melainkan orang tuanya sendiri.

Baca Juga :   Heboh, Mayat Bayi Ditemukan dalam Tempat Sampah

“Apalagi kalau ibu lagi merasa kurang sehat, kurang fit, lagi batuk pilek, demam. Ini menjadi pantangan sekali untuk megang bayi orang lain. Apalagi sampai mencium dan batuk-batuk di depan bayi itu,” tegas dokter Lucky. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO