Pemerintah Buka Kerja Impor Daging Sapi dan Kerbau dari Semua Negara

JagatBisnis.com – Pemerintah membuat keputusan berani dengan membuka keran impor daging sapi dan kerbau dari semua negara. Bahkan, keran impor dibuka tanpa perlu
rekomendasi dari Kementerian Pertanian (Kementan). Hal itu dilakukan untuk menstabilkan harga daging di pasaran yang terus mengalami peningkatan.

“Melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2022, impor produk hewan, terutama daging kerbau, juga terbuka untuk swasta, Setelah memenuhi persyaratan tertentu. Jadi, kini impor tak lagi dimonopoli BUMN,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana, Selasa (22/3/2022).

Dia mengakui, persyaratan tertentu ini merupakan domainnya yang akan diturunkan dalam peraturan menteri. Oleh sebab itu, pihaknya masih menyusun aturan mengenai persyaratan khusus yang harus dipenuhi importir swasta.

Baca Juga :   Harga Daging Sapi di Ternate Menjelang Lebaran Capai Rp150.000 per Kg

“Nanti mungkin modelnya tender. Di mana yang bisa suplai harga terendah ke konsumen itu yang akan kita kasih izin dulu,” imbuhnya.

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Stok dan Harga Daging Sapi Dipastikan Aman

Sementara itu, pemilik PT Suri Nusantara Jaya, Diana Dewi menambahkan, para pelaku usaha sebenarnya malah menginginkan adanya rekomendasi teknis dahulu dari Kementan seperti yang berlaku saat ini.

Baca Juga :   Harga Meroket, Pedagang Daging Sapi di Jabodetabek Bakal Mogok Jualan

“Proses pengajuan izin impor didahului rekomtek dari dinas di kabupaten/kota kemudian ke provinsi lalu ke Kementan. Setelah itu, baru ke Kemendag untuk dikeluarkan izin impornya,” pungkasnya yang jugs ketua Kadin DKI Jakarta ini. (eva)

MIXADVERT JASAPRO