Lima Jenderal Rusia Tewas oleh Pasukan Ukraina

JagatBisnis.com – UKraina mengklaim telah menghabisi lima jenderal Rusia sejak awal invasi pada 24 Februari 2022 lalu. Teranyar, Kiev melaporkan pada Sabtu (19/3/2022), Letnan Jenderal Rusia Andrei Mordvichev telah dibunuh.

Mordvichev merupakan seorang komandan Distrik Militer Selatan. Kabar mengenai kematian Mordvichev diungkap oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Komandan Tentara Gabungan ke-8 Distrik Militer Selatan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, Letnan Jenderal Andrei Mordvichev, terbunuh,” cuit Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Baca Juga :   Wapres AS Kamala Harris Kunjungi Rumania, Ini yang Dibahas

Disadur dari Ukrinform, Penasihat Presiden Ukraina, Oleksiy Arestovych telah terlebih dahulu melaporkan kematian seorang jenderal. Arestovych menerangkan, jenderal tersebut tewas dalam serangan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina.

Pada saat itu, ia tengah ditempatkan di lapangan terbang Chornobayivka, Kherson. Kremlin menggunakan lapangan tersebut untuk pangkalan pos komando dan pesawat. Arestovych mengatakan, pos komando tersebut telah dihancurkan.

Baca Juga :   Seorang Jurnalis Asal Prancis Tewas Terkena Bom Tentara Rusia

Bila laporan itu benar, maka Mordvichev merupakan jenderal Rusia kelima yang telah ditewaskan pasukan Ukraina. Jenderal pertama yang dilaporkan terbunuh ialah Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky.

Sukhovetsky ditewaskan oleh penembak jitu pada akhir Februari lalu. Ia merupakan wakil komandan Tentara Gabungan ke-41.

Baca Juga :   Ditembak Rusia, Pesawat Terbesar Dunia Antonov-225 Hancur

Setelah Sukhovetsky, Kiev turut merenggut nyawa Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov. Ia merupakan wakil komandan pertama Angkatan Darat ke-41. Gerasimov terbunuh di luar kota Kharkiv pada Senin (7/3/2022).

Empat hari kemudian, Mayor Jenderal Andrey Kolesnikov tewas dalam pertempuran di Mariupol pada Jumat (11/3/2022). Kolesnikov adalah komandan Tentara Gabungan ke-29 Distrik Militer Timur. (pia)

MIXADVERT JASAPRO