Kunjungi AS, PM Irlandia Terpapar COVID-19

Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin Foto: Beritabaru.co

JagatBisnis.com – Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin, dinyatakan positif terpapar virus Covid-19 pada Rabu (16/3/2022). Saat itu, Martin tengah menghadiri National Gala ke-30 yang digelar jaringan penggalangan dana, Ireland Funds, di AS.

Dikutip dari The Times of India, Martin terlihat duduk di sebelah Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, tak lama setelah mendapati hasil tes PCR yang positif.

Hasil tes positif pun memaksa Martin untuk meninggalkan pesta yang dihadiri Presiden AS Joe Biden tersebut. Acara itu dilangsungkan di National Building Museum yang berada di Ibu Kota Washington.

“Saya mewarisi kebanggaan luar biasa ibu saya sebagai orang Irlandia, kebanggaan yang luar biasa,” ujar Biden dalam sebuah pidato di acara tersebut.

Martin tiba untuk menerima penghargaan dari Ireland Funds. Namun, rencana itu telah kandas. Alhasil, Dubes Irlandia untuk AS, Daniel Mulhall, menggantikan kehadiran Martin.

“Dengan berat hati saya menerima penghargaan kepemimpinan Ireland Funds atas nama Taoiseach Micheal Martin dan menyampaikan pidatonya di National Gala,” cuit Mulhall.

“Saya menggantikan Perdana Menteri setelah dia dinyatakan positif Covid-19. Saya berharap baik untuk pemulihan Taoiseach,” sambung Mulhall.

Martin dilaporkan merasa sehat dan tidak mengalami gejala saat beristirahat di Gedung Blair. Gedung itu kerap digunakan sebagai tempat istirahat tamu presiden AS yang mengunjungi Washington.

Usai menyambangi pesta itu, Martin dijadwalkan berpartisipasi dalam sejumlah acara dengan Biden pada Kamis (17/3/2022) untuk memperingati Hari St. Patrick.

Rencana tersebut meliputi pertemuan bilateral, makan siang dengan organisasi Friends of Ireland, dan presentasi shamrock di Gedung Putih. (pia)

MIXADVERT JASAPRO