Reboisasi IKN Nusantara dengan 20 Juta Bibit Pohon

JagatBisnis.com –  Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan dimulai dengan melakukan reboisasi hutan terlebih dahulu. Salah satu upaya yang dilakukan ada membangun persemaian (nursery) yang siap mempromosikan bibit tanaman. Adapun persemaian yang dibangun di Kalimantan Timur ini akan memproduksi setidaknya 15-20 juta berbagai bibit tanaman yang siap ditanam di kawasan IKN Nusantara. Sehingga kembali pada fungsi semula sebagai hutan tropis.

“Nantinya, bibit itu akan disemaikan di pusat persemaian Mentawir di Bukit Bangkiran. Dalam 6 hingga 7 bulan kedepan akan memproduksi sekitar 15-20 juta bibit pohon,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti dikutip, Rabu (16/3/2022).

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengungkapkan, pihaknya siap untuk mendukung cita-cita produksi bibit tanaman hingga 20 itu, misalnya dari sisi dukungan prasarana air baku untuk memenuhi bibir skala besar. Karena hal ini sama seperti yang kami lakukan di Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga :   Kepala Otorita: Bangun IKN, Jangan Main-main Tender dan Arisan

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda Harya Muldianto menambahkan untuk mendukung kegiatan persemaian, dibutuhkan salah satu sarana penunjang seperti embun yang digunakan sebagai penyediaan air baku. Embung nantinya akan memanfaatkan Sungai Mandahan yang berlokasi disamping fasilitas persemaian dan memiliki kurang lebih lebar 5 m x 0,3 m dengan debit 225 liter per detik.

Baca Juga :   Komitmen Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Timur Mendukung Pembangunan IKN Nusantara

“Embung tersebut akan dibangun dengan luas 40 ribu m2 dan kedalaman 4 meter. Sehingga volume tampungan embung sebesar 160 ribu m3, dengan rencana kapasitas pengambilan 40 liter per detik. Selain itu, terdapat beberapa sarana yang akan disiapkan sebagai penunjang embung tersebut, diantaranya kolam penampung dengan kapasitas 2.500 m3, 6 Unit pompa dengan kapasitas 20 liter per detik dengan 3 unit pompa sebagai penyalur air dari embung menuju kolam penampung dan 3 pompa lainnya sebagai penyalur air dari kolam penampung menuju ultrafiltrasi,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO