Ini Gejala dan Cara Pengobatan Varian Baru Covid-19 Deltacron

JagatBisnis.com –  Varian baru Deltacron telah teridentifikasi di beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat. Deltacron adalah varian Covid-19 yang terdiri dari elemen varian Delta dan Omicron. Artinya, varian ini mengandung gen dari kedua varian tersebut yang membuatnya menjadi virus rekombinan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, kemunculan varian baru Covid-19, Deltacron memicu rasa penasaran masyarakat terkait gejala dan cara pengobatannya. Sebenarnya, penanganan terhadap pasien yang terkena varian Deltacron sama seperti pasien pada varian Covid-19 lainnya.

“Varian Deltacron merupakan hasil replikasi dari seseorang yang terinfeksi dua virus secara bersamaan yaitu Delta dan Omicron. Kemudian, selnya kemudian bereplikasi secara bersamaan. Terkait gejalanya, tidak ada yang berbeda. Artinya sama saja dengan gejala SARs-COV-2 (Corona) menyerang tubuh kita,” katanya, Selasa (15/3/2022).

Baca Juga :   Virus Omicron Belum Hilang, Muncul Deltacron

Reisa menerangkan, Deltacron adalah gabungan dua varian yakni Delta dan Omicron, di mana seseorang yang terkena kombinasi varian tersebut akan mengalami gangguan pada saluran pernapasan bawah maupun saluran pernapasan bagian atas. Sejauh ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih terus memantau bagaimana perkembangan varian Deltacron.

Baca Juga :   Virus Omicron Belum Hilang, Muncul Deltacron

“Dari pengamatan di beberapa negara yang memiliki pasien Deltacron, tidak ditemukan kondisi yang buruk. Kalau Delta biasanya banyak menyerang saluran pernapasan bawah, kalau Omicron saluran pernapasan atas. Jadi hati-hati kalau terinfeksi Deltacron,” ungkap Reisa.

Baca Juga :   Virus Omicron Belum Hilang, Muncul Deltacron

Oleh sebab itu, ia meminta semua pihak menunggu hasil penelitian WHO terkait Deltacron dengan tenang, sembari menguatkan protokol kesehatan. Karena gejala yang ditimbulkan Deltacron tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya seperti pilek, flu, batuk, dan lain-lain.

“Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, ada demam, menyerupai flu, sebaiknya dilakukan antigen (tes swab) sesegera mungkin,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO