Haji 2022 Kembali Dibuka, Arab Saudi: Jemaah dalam Jumlah Besar

JagatBisnis.com – Arab Saudi memastikan haji 2022 terdiri dari jemaah dari dalam dan luar negeri. Meski belum menyebut berapa kuota haji tahun ini, yang jelas jumlahnya besar.

“Haji tahun ini akan dalam jumlah besar,” ujar jubir Kementerian Haji dan Umrah (Kemenhaj) Arab Saudi seperti dikutip dari akun medsos Pemprov Makkah, Jumat (11/3).

Jubir menegaskan, jumlahnya lebih besar dibandingkan dua tahun sebelumnya.
Sebagai kilas balik, saat pandemi meledak tahun 2020, haji yang biasa diikuti 3 jutaan jemaah, tahun itu hanya diikuti oleh 1.000 jemaah yang terdiri dari warga negara Saudi dan asing yang menetap di Saudi (mukimin). Jemaah ini dipilih berdasar seleksi dan diongkosi sepenuhnya oleh pemerintah Saudi.

Baca Juga :   Arab Saudi Batasi Jam Kerja Petugas Keamanan

Sedangkan pada tahun 2021, haji diikuti oleh warga negara Saudi dan asing yang menetap di Saudi (mukimin) dengan kuota sebanyak 60 ribu orang. Jemaah membayar dengan biaya mandiri.

Baca Juga :   Alami Patah Tulang dan Asam Lambung, Dua Jemaah Ini Gagal Berangkat Haji

Sedangkan bulan Februari lalu, Kemenhaj menyatakan bahwa selain warga lokal, warga negara asing bisa mengikuti haji 2022.

Warga asing itu adalah mereka yang memegang visa khusus untuk haji dan warga asing yang menetap di Arab Saudi (mukimin).

Baca Juga :   Greenpeace Indonesia Luncurkan Green Hajj, Panduan Haji dan Umroh Ramah Lingkungan

Pada tahun 2019, Indonesia mendapat kuota 231 ribu orang. Kemenag mempersiapkan diri jika tahun ini mendapat kuota haji 100 persen, 60 persen, atau 20 persen.

Haji 2022 diperkirakan dimulai pada 7 Juli. Indonesia mempersiapkan diri mengirim jemaah mulai bulan Juni.(pia)

MIXADVERT JASAPRO