Ekbis  

Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Dua Ton Sarung Tangan ke Australia

JagatBisnis.com –  Bea Cukai terus berupaya meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas kepabeanan. Hal ini sejalan dengan peran Bea Cukai sebagai industrial assistance, untuk melakukan pendampingan terhadap pelaku industri dengan penyederhanaan prosedur kepabeanan.

Melalui fasilitas kawasan berikat, Bea Cukai Yogyakarta kembali dampingi ekspor PT Marvel Sports International, Jumat (04/03). Kali ini, PT Marvel Sports International berhasil melakukan kegiatan ekspor 295 karton atau sejumlah 10.338 pasang sarung tangan. Berat komoditi ekspor tersebut mencapai dua ton dengan total nilai ekspor mencapai USD145.672,92 atau setara Rp2 miliar. Barang dimuat dalam sarana pengangkut melalui pelabuhan Tanjung Emas dengan negara tujuan Australia.

Hengky Tomuan Parlindungan Aritonang, Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, mengungkapkan bahwa dengan fasilitas yang diberikan, kegiatan ekspor tidak lagi diawasi secara langsung oleh pegawai Bea Cukai Yogyakarta. “Penandatanganan dokumen, pengawasan stuffing, dan penyegelan kontainer dilakukan sendiri oleh perusahaan. Kegiatan tersebut dilakukan okeh liaison officer yang merupakan perwakilan pengusaha kawasan berikat mandiri,” imbuh Hengky.

Baca Juga :   Bea Cukai Batam Percepat Layanan Importasi Hibah Vaksin Singapura

Sementara itu di Tangerang Selatan, salah satu pengguna jasa binaan Bea Cukai Tangerang, Koperasi Galeri Etnik Nusantara, berhasil menggelar ekspor perdana berupa lada hitam asal Kabupaten Lampung, Rabu (02/03). Koperasi Galeri Etnik Nusantara merupakan mitra bagi para pengusaha UMKM di seluruh Indonesia yang berlokasi di Mall WTC Matahari, Kota Tangerang Selatan. Produk yang dijual antara lain makanan, hasil pertanian, kerajinan tangan, dan lain-lain. Pada tahun 2022, Koperasi Galeri Etnik Nusantara berhasil mengekspor produk lada hitam sebanyak 100 kg ke negara tujuan India.

Baca Juga :   Bea Cukai Musnahkan Barang Hasil Penindakan di Tiga Wilayah

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang, Guntur Cahyo Purnomo, mengungkapkan bahwa Bea Cukai akan memberikan asistensi dalam pembuatan dokumen ekspor, serta mengoordinasikan bantuan pembiayaan produksi dan ekspornya dengan instansi/lembaga terkait. “Kami mendukung penuh potensi ekspor produk UMKM. Kami telah membentuk tim pemberdayaan UMKM untuk mengoptimalkan pelayanan ekspor bagi UMKM. Selain itu, kami juga bersinergi dengan Kantor Wilayah Banten dalam progam Klinik Ekspor untuk pemberian bimbingan dan asistensi terkait ekspor,” jelas Guntur.

Baca Juga :   Pertegas Peraturan Kawasan Berikat, Bea Cukai Jaga Iklim Investasi dan Industri Dalam Negeri

Seiring peningkatan industri, perekonomian nasional juga akan tumbuh positif. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, Bea Cukai melalui perannya sebagai industrial assintance terus berupaya mengoptimalkan pelayanan dalam berbagai fasilitas kepabeanan dan cukai.(srv)

MIXADVERT JASAPRO