OJK Janjikan Bunga Murah Bagi Kredit Kendaraan Ramah

JagatBisnis.com –  Masyarakat yang ingin mengambil kredit kendaraan bermotor ramah lingkungan atau yang berbasis listrik bakal mendapat bunga kredit yang lebih murah. Hal tersebut sejalan dengan keinginan pemerintah mendorong skema pembiayaan hijau. Salah satunya, dengan membentuk skema pembiayaan yang berkelanjutan di industri jasa keuangan yang disebut dengan Taksonomi Hijau.

“Sekarang ini kalau Bapak/Ibu mau pinjem (kredit pembiayaan) motor atau mobil berbasis listrik atau baterai, ini bunganya lebih murah, dicoba saja,” Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, seperti dikutip, Rabu (9/3/2022).

Menurut dia, pihaknya juga bakal memberikan insentif bagi pelaku usaha yang berkaitan dengan mobil listrik atau motor listrik, tak terkecuali diler atau para penjual. Selain itu, pihaknya juga memberikan kredit yang lebih rendah kepada kendaraan berbasis tenaga listrik, seperti baterai untuk mempercepat produksi kendaraan.

Baca Juga :   Ribuan Pinjol Ilegal sudah Ditindak oleh OJK

“Bahkan mestinya insentif yang diberikan, termasuk perpajakan dan juga bisa kredit modal kerja bagi para diler bisa mendapatkan insentif itu, kita masih menggodok hal itu. Insentif yang diberikan pemerintah memang perlu dilakukan untuk pelaku usaha kendaraan listrik dari hulu sampai hilir,” ungkapnya.

Baca Juga :   OJK Dorong Pinjaman Online Berkontribusi Tingkatkan Inklusi Keuangan

Doa berharap, dengan insentif itu kendaraan listrik dapat segera diproduksi secara masal dan dapat diterima oleh masyarakat. Tak hanya kendaraan listrik, kebijakan pemberian insentif harusnya juga bisa diberikan kepada pelaku usaha yang berproduksi dengan rendah karbon.

Baca Juga :   OJK Resmi Izinkan Merger Bank Syariah BUMN

“Bukan hanya itu, mulai dari proses raw material mining, produk pertanian, produk perkebunan, dan produk perikanan akan kita dorong supaya semua usaha bisa mendapat insentif apabila usahanya tergolong kegiatan Taksonomi Hijau,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO