Demi Tanggulangi Ekstremisme, 3 Perwira TNI AD Belajar di Arab Saudi

JagatBisnis.com – TNI AD mengirimkan 3 perwira untuk mengikuti pendidikan di Arab Saudi. Kegiatan yang masuk dalam program kerja sama pendidikan G to G (Government to Government) antara Indonesia dengan Arab Saudi itu bertajuk Kursus Pencerahan Penanggulangan Ekstremisme Intelektual–Angkatan IV.

Kegiatan itu berlangsung pada 6 Maret 2022 di Lembaga Urusan Keagamaan, Kemhan Kerajaan Arab Saudi. Kepala Lembaga Urusan Keagamaan Kemhan Kerajaan Arab Saudi, Brigadir Jenderal Saad bin Abdullah Al Shamrani membuka langsung acara tersebut.

Ketiga perwira TNI AD itu ialah Kolonel Inf Budi Kusworo, Mayor Inf Dedy Pungky, dan Mayor Inf Sulaiman. Selain itu juga ada 17 Pasis TNI dan 2 Pasis dari Malaysia yang akan mengikuti pendidikan tersebut selama enam minggu.

Baca Juga :   Anggota TNI AD di Ternate Tewas Diterkam Buaya

Dalam sambutannya Brigadir Jenderal Saad bin Abdullah Al Shamrani menyambut kedatangan peserta untuk pendidikan tersebut. Ia berharap kegiatan pendidikan itu dapat mempererat ukhuwah islamiyah dan hubungan kerja sama antara kedua negara.

“Saya berharap kursus ini dapat menambah khasanah pengetahuan tentang keislaman yang nantinya dapat mencetak kader-kader yang dapat menjadi ujung tombak di masing-masing negaranya dalam rangka menanggulangi dan mengantisipasi adanya potensi ancaman ekstremisme/terorisme yang saat ini sudah menjadi permasalahan global bagi negara-negara di dunia,” terangnya dikutip dari keterangan pers Dispen AD, Selasa (8/3).

Baca Juga :   Anggota TNI AD di Ternate Tewas Diterkam Buaya

Ia juga menyampaikan, di akhir pendidikan seluruh peserta akan diberikan penghargaan oleh pemerintah Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah di tanah suci bertepatan dengan awal bulan Ramadhan.

Personel TNI Terpilih
Ketua delegasi TNI Kolonel Cpl Rahayu Santana menjelaskan seluruh delegasi dari TNI yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan personel terpilih. Mereka telah diseleksi di masing-masing angkatan dan memenuhi syarat.

Baca Juga :   Anggota TNI AD di Ternate Tewas Diterkam Buaya

Terpisah, Mayor Inf Dedy Pungky salah satu peserta dari TNI AD mengatakan walaupun rangkaian kegiatan proses belajar mengajar dilaksanakan di era pandemi COVID-19, hal tersebut tidak menyurutkan motivasi para peserta.

“Motivasi dan semangat kami berlipat, di benak kami saat ini hanya belajar dan beribadah,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO