114 Pengungsi Rohingya Akan di Pindah ke BLK Lhokseumawe

JagatBisnis.com – 114 pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh masih berada Meunasah (Musala) Desa Jangka Alue Buya Pasie, Bireuen. Rencananya, mereka akan dipindahkan ke tempat penampungan shelter Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe.

Kapolres Bireuen AKBP Mike Hardy Wirapraja mengatakan, dalam waktu dekat para pengungsi itu segera dibawa ke BLK di Desa Menasah Mee Kandang, Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

“Sekarang masih di Bireuen, tapi selanjutnya akan segera dibawa ke BLK Lhokseumawe,” katanya, Senin (7/3).

Baca Juga :   Selamatkan Pengungsi Rohingya, Warga Aceh Ini Malah Dipenjara

Mike menuturkan, hasil koordinasi Bupati Bireuen Muzakkar A Gani dengan Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, para imigran itu akan dikarantina di penampungan shelter BLK.

“Namun, Pak Suaidi Yahya mengisyaratkan seluruh imigran Rohingya harus sudah vaksin dan rapid antigen,” ucap Mike.

Baca Juga :   8 Imigran Rohingya Kabur dari Kamp Penampungan Lhokseumawe Aceh

Hal senada disampaikan Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto. Ia menyebut, Pemkot Lhokseumawe bersedia menampung imigran Rohingya dan akan dikarantina di BLK dengan syarat sudah vaksin dan rapid antigen.

Seluruh pengungsi tersebut saat ini masih menjalani tes rapid antigen dan melakukan vaksinasi di penampungan sementara di Meunasah Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Bireuen.

“Mereka masih vaksin dan tes rapid antigen. Kalau sudah selesai, berita acaranya beserta para imigran Rohingya akan digeser ke BLK Lhokseumawe,” tuturnya.

Baca Juga :   Sempat Terombang-ambing, 120 Pengungsi Rohingya Akhirnya Berlabuh di Aceh Utara

Sebanyak 114 pengungsi Rohingya yang terdampar di Bireuen. Mereka terdiri dari 58 laki-laki, 21 perempuan, dan 35 anak-anak.

Dari atas kapal, mereka nekat mendarat sendiri pada Minggu (6/3) dini hari tanpa dibantu oleh nelayan setempat. (pia)

MIXADVERT JASAPRO