Kemenhub Akan Kaji Pembangunan Kereta Gantung di Kawasan Puncak

JagatBisnis.com-Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkaji wacana pembangunan kereta gantung (cable car) menuju kawasan Ciawi dan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kajian itu terkait usulan Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang bertujuan mengurangi kemacetan jalur puncak .

“Sebenarnya dulu ada yang pernah usul, tapi tidak terlalu difokuskan. Mungkin dengan adanya ide yang diusulkan Pak Sandi ini akan kami coba lihat dan kami kaji terlebih dahulu. Hal ini harus kami rapatkan dengan berbagai stakeholders,” kata Dirjen Perhubungan Darat kemenhub Budi Setiyadi, Minggu (6/3/2022).

Menurut Budi, pihaknya akan mencoba membicarakan usulan yang telah disampaikan itu untuk dijadikan evaluasi bersama Pemerintah Daerah Bogor hingga Kementerian PUPR. Peluang itu akan coba disampaikan dengan segala keterbatasan jalan yang ada memang sudah saatnya ada dua yang perlu dilakukan. Karena usulan itu sangat menarik.

Baca Juga :   Kemenhub Siap Tindak Oknum yang Mainkan Tarif Bus

“Pertama, dalam jangka pendek optimalisasi fungsi dan manfaat dari jalan yang telah ada dan digunakan misalnya dengan revitalisasi, penambahan kapasitas lebar, perbaikan dan penertiban jika ada penyempitan hingga rekayasa lalu lintas. Karena di beberapa negara juga menerapkan gondola untuk membantu transportasi di jalur-jalur tertentu,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO