Sumbang Gamelan, Ganjar Pranowo Ajak Generasi Muda Cinta Kesenian

JagatBisnis.com –  Sebanyak 110 desa di Jawa Tengah mendapat bantuan seperangkat gamelan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Adanya bantuan gamelan tersebut, keberadaan kesenian di sejumlah desa di Jateng kian berkembang. Bahkan, banyak generasi muda yang juga ikut berlatih.

Seperti yang terjadi di pendapa wisata Bumi Makukuhan Desa Wonosari, Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung, Kamis (3/3/2022). Suara gamelan menggema dari siang. Rutin, para niaga (pemain gamelan) latihan bersama para penari jatilan atau jaran kepang tiap sepekan.

“Kalau jenis kesenian di sini ada wayang kulit, jatilan, dan topeng ireng. Sekarang bukan hanya kalangan tua saja yang main, anak-anak SD juga ada yang ikut kita ajak bermain,” kata Salah satu seniman Desa Wonosari, Mardiyono.

Baca Juga :   Soal Banjir Rob di Semarang, Ini Pesan Megawati ke Ganjar

Menurut dia, desa itu ada 3 kelompok kesenian. Sayangnya, selama kelompok itu tidak mampu untuk beli alat gamelan itu. Untungnya, ketiga desa tersebut masuk dalam list bantuan bersama 107 desa lainnya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Pastikan Pelaksanaan PTM 100 Persen di Jawa Tengah Berjalan Baik

“Ke depan, kelompok kesenian yang ada di desanya dipersiapkan untuk dapat turut serta mengembangkan wisata Bumi Makukuhan Desa Wonosari,” terangnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO