PKS Tolak Penundaan Pemilu 2024

JagatBisnis.com – Adanya wacana penundaan Pemilu 2024 yang ramai dibahas sejumlah kalangan termasuk Ketum Parpol beberapa hari terakhir, mendapat respon beragam.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat, Haru Suandharu mengatakan PKS Jawa Barat menolak adanya wacana penundaan pemilu 2024.

Menyikapi wacana tersebut, Haru menilai, hal tersebut melanggar kesepakatan konstitusi yang tertuang dalam undang undang bahwa Pemilu akan dilangsungkan pada 2024 mendatang.

“Saya kira sebagai sebuah usulan kita harus menghargai hal itu, tetapi tentu saja usulan ini harus sesuai dengan konstitusi bahwa kita sudah sepakat dalam bentuk undang undang bahwa pemilu akan dilakukan secara serentak pada 2024 mendatang,” saat diminta komentarnya, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga :   PKS: Jangan Cari Alasan, Jadikan Dana Pensiunan Beban APBN

Pria yang juga menjabat Ketua Fraksi PKS DPRD Jabar ini menegaskan pemerintah harus konsisten, terhadap kesepakatan yang telah di tentukan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

“Konstitusi kita memerintahkan agar dilaksanakan pemilu setiap 5 tahun sekali, apabila Presiden, Wakil Presiden kemudian juga DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota tidak di pilih dalam Pemilu 2024, maka sesungguhnya mereka telah kehilangan legitimasi di hadapan konstitusi dan ini saya kira sangat berbahaya,” terangnya.

Baca Juga :   PKS: Pentingnya Pemberdayaan Kawasan Penyangga di Sekitar Kawasan Konservarsi

Tolak Penundaan Pemilu 2024
Terkait alasan penundaan pemilu, Haru mengaku sependapat dengan pandangan Prof. Yusril Ihza Mahendra bahwa tidak ada celah lembaga manapun yang mampu menunda Pemilu.

“Saya sangat sependapat dengan hal itu, oleh karena itu sebaiknya daripada mengembangkan wacana untuk mengundurkan pemilu, alias memperpanjang jabatan Presiden, Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, sebaiknya kita fokus bersiap menghadapi Pemilu 2024.

Baca Juga :   Politisi PKS: Ada Tiga Syarat Kemenangan PKS di Jaktim

Adapun alasan banyaknya pengusulan akibat pandemi, saya kira juga kita sudah tahu semua, bahwa pandemic ini tidak akan tahu kapan berakhirnya, siapa yang bisa menjamin sehabis 2027 pandeminya hilang? Bahkan di sisi lain juga pemerintah menyampaikan bahwa perekonomian baik baik saja, sehingga sudah tidak ada alasan lagi untuk Pemilu kenapa harus di tunda,” pungkas Haru. (pia)

MIXADVERT JASAPRO