Pembiayaan BRI pada Sektor EBT Terus Meningkat

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperbesar porsi pembiayaan kepada sektor renewable energy atau Energi Baru Terbarukan (EBT). Karena dari publikasi Sustainability Report BRI 2021, pembiayaannya kepada sektor EBT tercatat sebesar Rp5,6 triliun hingga akhir Desember 2021.

Direktur Kepatuhan BRI, A. Solichin Lutfiyanto mengatakan kebijakan itu sebagai komitmen untuk mewujudkan perbankan berkelanjutan. Apalagi, sektor pembiayaan EBT tumbuh 19,1 persen year on year (yoy), jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar Rp4,7 triliun.

“Sepanjang 2021, kami berkontribusi dalam EBT, di antaranya melalui penyaluran kredit kepada pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Poso Energy sebesar USD35 juta dan Kerinci Merangin sebesar USD10 juta. Kami mendukung peningkatan bauran EBT melalui proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),” katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga :   Menjawab Tantangan Transformasi Digital, BRI Hadirkan Hybrid Bank

Menurut dia, PLTA menjadi sumber energi yang pasokannya terjaga (sustain), menghasilkan listrik yang rendah emisi karbon, biaya pemeliharaannya relatif rendah, dan sekaligus kegiatan ini sejalan dengan kegiatan usaha berkelanjutan.

Baca Juga :   BRI Group Bagikan 80.000 Paket Sembako

“Sehingga perusahaan yang berorientasi pada keuangan yang berkelanjutan itu juga terus berupaya meningkatkan kinerja ekonomi dan terus mengoptimalisasikan keuntungan (profit) dengan secara simultan. Di sisi lain, juga berusaha untuk meningkatkan kinerja sosial (people) dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan (planet),” bebernya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO