PLN Ajak UMKM Manfaatkan Abu Sisa Pembakaran Batu Bara

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) menggandeng sejumlah BUMDes dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan abu sisa pembakaran batubara fly ash dan bottom ash (FABA). Abu sisa pembakaran batubara tersebut bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi barang yang lebih bernilai, seperti batako.

Executive Vice President PLN Agung Murdifi mengatakan pemanfaatan FABA merupakan wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pihaknya pada 2022. Program ini juga termasuk upayanya dalam mengimplementasikan Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG).

“Kami mendorong UMKM dan masyarakat memanfaatkan FABA secara cuma-cuma untuk pembuatan batako, jalan beton dan berbagai pemanfaatan lainnya,” kata Agung dalam keterangan tertulis, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga :   Serikat Pekerja PLN dan Pertamina Tolak Privatisasi BUMN Energi

Dia mengaku, hingga saat ini pihaknya telah menggandeng sebanyak 97 UMKM untuk memanfaatkan FABA dari 20 PLTU di seluruh Indonesia. Pemanfaatan FABA Ini diharapkan bisa mendukung pertumbuhan UMK dan pembangunan daerah.

Baca Juga :   PLN Manfaatkan Limbah Batu Bara untuk Bahan Kontruksi Jalan

“Untuk menyulap FABA menjadi batako tidak terlalu sulit. Sebab racikannya hanya terdiri dari 15 persen FABA dan 65 persen pasir. Kualitas batako yang menggunakan FABA sebagai bahan campurannya lebih diminati konsumen karena lebih kokoh dari segi kekuatannya, hal ini disebabkan oleh sifat pori-pori FABA yang rapat,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO