Ditembak Rusia, Pesawat Terbesar Dunia Antonov-225 Hancur

JagatBisnis.com – Pesawat terbesar di dunia, Antonov-225 milik Ukraina hancur oleh rudal militer Rusia di luar kota Kiev pada hari keempat invasi.

Pesawat kargo jumbo tersebut dinyatakan ‘hilang’ dari radar oleh grup Ukroboronprom milik negara Ukraina.

“Rusia menghancurkan kapal utama penerbangan Ukraina, AN-225 di bandara Antonov di Gostomel dekat Kiev,” kata grup itu dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Sciencealert, Senin (28/2/2022).

Baca Juga :   Suara Tembakan Pasukan Rusia Terdengar di Kiev

Pesawat Antonov-225 memiliki panjang 84 meter dan dapat mengangkut beban hingga 250 metrik ton kargo dengan kecepatan mencapai 850 kilometer per jam.

Dinamakan Mriya yang berarti mimpi dalam bahasa Ukraina, Antonov kini tinggal kenangan. Meski hancur, otoritas Ukraina tetap optimistis dan siap membangunnya kembali.

“Rusia mungkin telah menghancurkan Mriya kita. Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas, demokratis. Kita akan menang!,” ungkapnya.

Baca Juga :   Rusia Kirim 1.000 Tentara Bayaran ke Ukraina

Produsen senjata Ukroboronprom memperkirakan bahwa pemulihan Mriya akan menelan biaya lebih dari tiga miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 43,12 triliun dan bisa memakan waktu lebih dari lima tahun.

Awalnya dibangun sebagai bagian dari program aeronautika Soviet, AN-225 melakukan penerbangan pertamanya pada 1988. Bertahun-tahun tidak terbang setelah jatuhnya Uni Soviet, satu-satunya salinan yang ada melakukan uji terbang pada 2001 di Gostomel, sekitar 20 kilometer dari Kiev. Ini telah dioperasikan oleh Antonov Airlines Ukraina untuk penerbangan kargo dan sangat diminati selama awal pandemi COVID-19. (pia)

MIXADVERT JASAPRO