Memasak Ternyata Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup Seseorang

Ilustrasi Memasak Foto: Haibunda.com

JagatBisnis.com –  Memasak dapat berguna dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Hal ini terbukti dalam beberapa penelitian. Kegiatan memasak yang terlihat sederhana memiliki segudang manfaat. Berikut adalah manfaat memasak yang dapat Anda simak.

Beberapa penelitian menyebutkan memasak dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang, salah satunya adalah jurnal yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health Clinical Center di Amerika.

Selain membawa manfaat dari segi nutrisi, kegiatan memasak diyakini mampu mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Apalagi sekarang kegiatan memasak menjadi semakin mudah dan praktis karena akses luas yang kian terbuka terhadap video tutorial memasak hingga aneka resep masakan.

Selain itu, platform daring yang menyediakan layanan berbelanja kebutuhan harian dan dapur semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan makanan dengan praktis dan nyaman.

Baca Juga :   Cara Jitu Kenali Demam karena COVID-19

Simak empat manfaat memasak, seperti dikutip dari keterangan pers Mycoplan, Minggu, (27/02/2022).

1. Selektif pilih bahan dan bumbu berkualitas
Dengan memasak sendiri, tentunya Anda dapat memonitor nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh dengan lebih seksama. Mulai dari bahan makanan, kadar bumbu yang digunakan, hingga porsi makanan, dapat Anda atur sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pribadi serta keluarga. Misalnya ada anggota keluarga yang membutuhkan makanan rendah gula, tinggi protein, kaya akan vitamin C, dan lain-lain.

2. Anda bisa berhemat
Saat memasak sendiri di rumah, Anda bisa mengolah bahan-bahan yang ada dengan lebih maksimal. Misalnya, satu ikat sayur bisa diolah menjadi beragam menu lezat untuk makan siang dan malam. Selain efektif, membeli bahan mentah tentu akan jauh lebih murah ketimbang makanan siap saji.

Baca Juga :   Ini 4 Kondisi yang Memicu Produksi ASI Ibu Menyusui

Apalagi jika membeli bahan masakan dalam jumlah banyak, sering kali kita mendapat penawaran yang makin menguntungkan. Namun begitu, jangan sampai berlebihan ketika berbelanja. Sebaiknya Anda tetap mempertimbangkan daya tahan bahan masakan yang dibeli agar semua bahan dapat digunakan dan tidak terbuang.

3. Perluas kemampuan dengan eksplorasi menu baru
Memasak juga berguna untuk melatih otak, khususnya kemampuan memori dan motorik. Sebagai pemula, kegiatan memasak bisa sedikit menantang, apalagi ketika hasil masakan belum sempurna dan cocok di lidah orang lain.

Namun, seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin lihai dalam berbagai kemampuan memasak seperti mengolah bahan masakan, menakar bumbu yang dibutuhkan, hingga menghafal resep yang biasa Anda ikuti.

Baca Juga :   Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Main Gadget dan Menonton Film Porno

4. Jadi ajang quality time dan mempererat hubungan dengan orang terkasih
Untuk Anda yang sedang kehabisan ide kegiatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun sahabat, luangkanlah waktu untuk memasak bersama.

Melalui quality time satu ini, Anda bisa merekatkan hubungan karena ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika masak bersama.

Mulai dari memilih menu masakan, berbelanja bahan baku, kegiatan memasak itu sendiri, hingga menyajikan makanan untuk disantap bersama. Meskipun terdengar sederhana, nyatanya kegiatan satu ini akan membuatmu semakin mengenal sifat satu sama lain. (pia)

MIXADVERT JASAPRO