Perbatasan Menuju Rusia dan Belarusia Ditutup Pemerintah Ukraina

JagatBisnis.com – Ukraina menutup perbatasannya menuju Rusia dan Belarusia. Dikutip dari CNN, hal ini disampaikan Perdana Menteri Denys Shmyhal pada Sabtu (26/2) malam.

Dalam video pernyataannya yang diunggah di Telegram, Shmyhal mengatakan hanya warga Ukraina yang dapat menyeberang dari Rusia dan masuk Ukraina.

Meski demikian, ia tidak mengungkapkan kapan penutupan perbatasan akan berlaku.
Hingga saat ini, Rusia terus menggempur Ukraina. Invasi Rusia sudah berlangsung selama 3 hari dan puluhan ribu hingga ratusan ribu warga Ukraina mengungsi ke negara tetangga anggota NATO, sementara pria berusia 18-60 tahun diminta untuk tinggal dan membantu pertempuran.

Baca Juga :   Dampak Invasi Rusia, Minyak Mentah Mengalami Kenaikan

Sementara Belarusia disebut membantu Rusia dalam invasi ini. Media setempat, Belta News Agency, melaporkan bahwa Presiden Alexander Lukashenko siap menggunakan pasukannya untuk membantu Rusia. Meski demikian, kabar ini dengan tegas dibantah Lukashenko.

Baca Juga :   Serangan Roket Jarak Jauh Ukraina Tewaskan 50 Tentara Rusia

Belarusia menjadi salah satu negara pertama yang mengetahui niat Putin melakukan operasi militer dan menginvasi Ukraina pada Kamis (24/2) dini hari.

Baca Juga :   Rusia Diduga Sudah Lumpuhkan Ratusan Komputer Ukraina

Putin disebut sempat menghubungi Lukashenko lewat sambungan telepon pukul 5 pagi waktu setempat, dikutip dari AFP.
“Sekitar jam 5 pagi hari ini ada percakapan telepon antara presiden Belarusia dan Rusia,” ujar perwakilan kantor Lukashenko. (pia)

MIXADVERT JASAPRO