Pedagang Diminta Tak Jual Minyak Goreng Secara Bundling

JagatBisnis.com – Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadziq meminta para pedagang di wilayahnya untuk tidak menjual minyak goreng dengan cara bundling, yaitu dengan digabung dengan produk lain dalam satu kemasan. Lantaran hal itu dikeluhkan masyarakat karena dianggap menambah beban.

“Penjualan bundling jelas merugikan masyarakat, karena belum tentu masyarakat membutuhkan barang ikutan yang dijual. Jatuhnya masyarakat mengeluarkan uang berlebih. Jadi saat ini ada tren pedagang memanfaatkan penjualan minyak goreng dengan bundling barang lain,”katanya Kamis (24/2/2022).

Menurut Khadziq, hal ini jelas merugikan masyarakat. Oleh karena itu ia telah memerintahkan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan untuk mengawasi dan menindak pedagang yang menjual dengan cara bundling.

Baca Juga :   Kartel Miyak Goreng, Perusahaan CPO Dilaporkan ke KPPU

Selain itu, Pemkab Temanggung juga akan segera mengadakan operasi pasar minyak goreng. Hal ini guna membantu warga mendapatkan minyak goreng dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET).

“Operasi pasar akan digelar di wilayah yang jauh dari pasar atau toko swalayan, di antaranya di wilayah Temanggung bagian selatan. Saat ini masyarakat kesulitan mendapatkan minyak goreng di bawah Rp14.000 per liter. Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk menggelar operasi pasar minyak goreng dan jumlah yang disetujui di atas 4.000 liter,” katanya.

Baca Juga :   Minyak Goreng Alami Kelangkaan, Satgas Pangan Polres di Banjar Lakukan Sidak

Khadziq mengatakan, bahwa pengawasan minyak goreng di lapangan dilakukan oleh tim yang antara lain dari Dinas Perdagangan, Satpol PP, Polri, dan instansi terkait.

Baca Juga :   Pemerintah Rogoh Kocek Rp3,6 Triliun, Kendalikan Minyak Goreng

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono mengatakan setelah mengajukan permintaan kepada Pemerintah Provinsi . Oleh Pemprov akhirnya disetujui sebanyak 4.800 liter minyak goreng untuk operasi pasar guna menekan harga minyak goreng.

“Operasi pasar akan dilaksanakan di tempat-tempat tertentu saja. Dalam OP minyak goreng nanti setiap keluarga hanya akan mendapatkan maksimal 2 liter minyak goreng,” katanya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO