Waspada! Batuk Biasa dan Covid-19 Tak Bisa Dibedakan

JagatBisnis.com – Batuk merupakan gejala yang banyak dialami pasien Covid-19. Tapi, batuk juga bisa timbul pada orang yang mengalami flu. Di masyarakat, kemudian beredar isu, batuk Covid-19 khususnya Omicron berbeda dengan batuk pada umumnya. Ada informasi yang menjelaskan bahwa batuk Omicron itu cenderung kering. Sedangkan batuk biasa kering atau berdahak.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi dr Ronald Irwanto, menjelaskan, antara batuk flu dengan batuk Covid-19 itu tak ada bedanya. Karena antara flu dengan Covid-19 memang gejalanya hampir mirip. Itu juga yang membuat batuk di antara keduanya tidak berbeda.

“Jadi, mau batuk flu, batuk Omicron, batuk Delta, batuk Alfa, tidak ada bedanya,” tegasnya saat mengklarifikasi informasi yang beredar di masyarakat soal perbedaan batuk biasa dengan batuk Covid-19 , seperti dikutip, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga :   Jika Diabetes Memengaruhi Kaki Anda Lakukan 3 Tahap Ini

Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat tidak gampang untuk percaya pada informasi-informasi yang keliru, termasuk soal beda batuk biasa dengan Covid-19 ini. Untuk bisa tahu apakah itu batuk biasa atau Covid-19, pemeriksaan dengan RT-PCR Covid-19 sangat diperlukan.

Baca Juga :   Meski Membaik, COVID-19 di Depok Masih Tertinggi

“Jadi, jangan terpengaruh juga dengan isu, kalau Omicron itu umumnya batuk ringan dan kering, kalau flu berdahak. Itu tidak benar, karena gejalanya, hampir sama. Apalagi, orang yang terinfeksi Omicron bisa saja mengalami batuk kering, bisa juga batuk berdahak. Bahkan, ada yang tidak batuk,” bebernya.

Baca Juga :   Waspada, Potensi Virus COVID-19 dari Luar Negeri

Menurut dia, masyarakat yang mengalami batuk diminta untuk segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter dengan tes Covid-19 untuk menegakkan diagnosis. Karena penanganan yang tepat akan mempercepat penyembuhan.

“Di era pandemi ini, ketika muncul gejala batuk atau sakit tenggorokan, wajib diswab, karena dokter pun tidak bisa bedakan itu Covid-19 atau bukan jika tidak ada hasil tes,” tandasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO