Pembangunan IKN Nusantara Tak Eliminasi Masyarakat Kalimantan

JagatBisnis.com – Pemerintah memastikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak akan mengeliminasi masyarakat Kalimantan Timur. Pemerintah juga akan memastikan pembangunan IKN tetap akan menjaga lingkungan. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), usai menerima masukan dari tokoh adat, agama, pemuda dan tokoh masyarakat, dalam acara Beranda Nusantara ‘Menuju Ibu Kota Negara Baru’, di Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga :   Reboisasi IKN Nusantara dengan 20 Juta Bibit Pohon

Menurut dia, dari sejumlah permintaan masyarakat Kalimantan, salah satunya pelestarian lingkungan hidup di Kalimantan Timur. Pertama konsep yang baik itu, di antaranya konsep tentang lingkungan yang terjaga. Karena, pembangunan IKN hanya 30 persen dan sisanya 70 persen dibangun itu sesuatu yang harus dipertahankan (hutan).

“Itu yang mereka inginkan, bukan hanya konsep tapi betul akan kami jalankan. Karena rencananya, sekitar 80 persen untuk Transportasi Publik dan Area Hijau di IKN Nusantara,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pemerintah Siapkan Aturan Turunan UU IKN

Selain itu, lanjutnya, budaya masyarakat juga diminta untuk tetap dijaga. Makanya, dia memastikan pembangunan IKN tidak hanya sekadar pembangunan fisik, namun juga menjaga kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Inilah Rincian Anggaran IKN Baru hingga 2045

“Maka, pembangunan IKN juga harus dibarengi dengan pemberdayaan masyarakat khususnya di Kalimantan Timur. Sehingga proyek besar IKN bisa menjadi pengungkit (ekonomi) dan masyarakat di sana bisa ikut berperan secara aktif. Untuk itu, peran masyarakat harus betul ditingkatkan sehingga masyarakat dapat menyesuaikan kebutuhan IKN,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO