Patung Jokowi Ngebut Karya Seniman Bali

JagatBisnis.com – Patung “Speed” karya seniman Bali yang menggambarkan Presiden sedang ngebut dengan motor customnya kini sedang melintasi Bali.

Pada Selasa (22/2/2022) pukul 17.41 WIB, truk pengangkut patung itu telah naik kapal Ferry untuk menyeberangi Selat . Karya seberat 3 ton tersebut diperkirakan akan tiba di Lombok, Jumat (25/2/2022).

Sejak berangkat dari studio Nyoman Nuarta di Bandung, perjalanan karya seni berukuran 670 x 185 x 390 cm itu telah menempuh waktu selama 3 hari.

Baca Juga :   Warga NTT Ramai-ramai Gotong Patung Jokowi ke Puncak Bukit

Nyoman Nuarta mengharapkan karyanya akan tiba tepat waktu di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. “Semoga perjalanan truk dolly melintasi Pulau Bali berjalan lancar, sehingga besok (Rabu—red) sudah bisa menyeberangi Selat Lombok,” kata Nuarta.

Patung itu berangkat pada Sabtu (19/2/2022), malam dari Studio Nyoman Nuarta di Bandung. Diperkirakan patung seberat 3 ton itu, akan melakukan perjalanan selama 5-7 hari menggunakan truk dolly. “Kalau pemasangan di Mandalika paling cuma 2 hari,” kata Nyoman Nuarta.

Baca Juga :   Patung Speed Jokowi Akhirnya Terpasang di Sirkuit Mandalika

Menurut Nyoman Nuarta, “Speed” akan dipasang di gerbang masuk Sirkuit Internasional Mandalika Lombok dan akan menjadi ikon di kawasan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation).

Di lokasi pemasangan, kata Nuarta, akan ditangani oleh para tenaga ahli dari Bandung sebanyak 6 orang. “Tetapi yang mengerjakan patung semuanya ada 20 orang di workshop Bandung, selama kurang lebih sebulan,” kata seniman yang juga mendesain Istana Garuda di Ibukota Negara (IKN) baru.

Baca Juga :   Patung Speed Jokowi Akhirnya Terpasang di Sirkuit Mandalika

Patung itu, menurut Nuarta, merupakan simbolisasi dari karakter kepemimpinan Jokowi.“Kecepatan dan akselerasi, dua aspek yang saya simbolisasikan dalam karya Speed. Seperti itulah tafsir saya terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi selama ini. Sebagai pemimpin beliau selalu mendorong percepatan pencapaian cita-cita bangsa,” ujar Nyoman Nuarta. (pia)

MIXADVERT JASAPRO