Kelompok Rentan di Italia Terima Dosis Keempat Vaksin COVID-19

JagatBisnis.com – Italia terus mempercepat vaksinasi agar pandemi COVID-19 dapat terus dikendalikan. Terbaru, Italia merekomendasikan pemberian dosis keempat vaksin COVID-19.

Dikutip dari Reuters, Senin (21/2), dosis keempat ini hanya diberikan kepada kelompok rentan. Artinya, hanya mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah.

Kementerian Kesehatan Italia menjelaskan, mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah direkomendasikan menerima vaksin COVID-19 keempat dengan tipe mRNA.

Baca Juga :   Upaya Percepatan Vaksinasi di Manggarai NTT Terkendala Dokter

Rencananya, jeda pemberian booster keempat dilakukan 120 hari sejak penduduk menerima booster ketiga.

“Komisioner khusus yang ditunjuk pemerintah untuk keadaan darurat COVID-19 akan segera menetapkan tanggal mulai berlakunya rekomendasi ini,” tulis Kementerian Kesehatan Italia.

Baca Juga :   Penelitian di AS: Orang Tidak Divaksin 11 Kali Berpotensi Meninggal karena COVID-19

Lebih lanjut, Kementerian Kesehatan Italia menuturkan, keputusan ini diambil karena penularan COVID-19 masih tinggi. Selain itu, booster keempat diharapkan dapat menekan angka kematian akibat COVID-19.

“Suntikan booster cukup efektif dalam mencegah kematian terkait COVID dan mengurangi gejala berat,” tulis mereka.

Italia merupakan salah satu negara di Eropa terdampak parah COVID-19. Mereka telah mencatat 152.848 kematian akibat COVID-19 sejak wabahnya pada Februari 2020.

Baca Juga :   Karena Vaksin, IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi Dunia

Jumlah korban meninggal itu tertinggi kedua di Eropa di belakang Inggris dan tertinggi kedelapan di dunia. Sedangkan kasus positif telah mencapai 12,4 juta kasus. (pia)

MIXADVERT JASAPRO