Tahun Ini, Presiden Ukraina akan Berkunjung ke Indonesia

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

JagatBisnis.com – Menteri Luar Negeri RI Retno L Marsudi mengungkap rencana kunjungan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, ke Indonesia pada tahun ini.

Lewat Twitter resminya, Menlu Retno mengatakan dirinya berbincang dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba pada Rabu (16/2) sore.

“Berbicara lewat telepon dengan Menlu Dmytro Kuleba dari Ukraina sore ini (16/2) mengenai persiapan untuk kunjungan berencana Presiden Ukraina tahun ini,” tulis Menlu Retno pada Kamis (17/2).

Baca Juga :   Seorang Jurnalis Asal Prancis Tewas Terkena Bom Tentara Rusia

“2022 menandakan peringatan ke-30 tahun hubungan diplomatik Indonesia–Ukraina,” imbuhnya.
Hal ini turut dikonfirmasi oleh Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan (BDSP) Kemlu RI, Achmad Rizal Purnama. Menurut Rizal, rencana kunjungan Zelensky ke Tanah Air memang sudah lama dibahas.

“Kunjungan Ukraina sudah cukup lama dirancang. Akan dilakukan tahun ini. Tanggal masih terus dicari yang paling pas,” ungkap Rizal saat dihubungi pada Jumat (18/2).

Baca Juga :   Dituding Titip Pesan ke Putin Lewat Jokowi, Ini Bantahan Zelensky

Ia mengatakan, waktu kunjungan ini terus disesuaikan mengingat situasi pandemi COVID-19. Rizal pun mengatakan, kedua pihak tengah membahas kemungkinan tanggal kunjungan di pertengahan 2022.

“Sedang dicari tanggal [di] pertengahan tahun ini,” ujar dia.

Ia tidak menjelaskan secara detail apa yang akan dibahas dalam kunjungan tingkat tinggi ini. Namun, Rizal menyebut kerja sama bidang ekonomi akan menjadi prioritas kedua negara.

Baca Juga :   Pengungsi dari Ukraina dapat Bantuan dari Jerman Senilai 2 Miliar Euro

“Kerja sama dengan Ukraina terus berkembang. Kalau kunjungan tingkat kepala negara, hasil konkret bidang ekonomi menjadi prioritas utama yang sedang terus dilakukan,” tutup dia.

Seperti yang sudah disebutkan, hubungan Indonesia–Ukraina akan menginjak usia 30 tahun pada 2022 ini. Mengutip situs resmi Kemlu Ukraina, Indonesia mengakui kemerdekaan Ukraina pada 28 Desember 1991.

Kemudian, hubungan diplomatik kedua negara resmi terjalin pada 11 Juni 1992. (pia)

MIXADVERT JASAPRO