IKN Nusantara Siap Dibangun 2023

JagatBisnis.com –  Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara siap dilaksanakan tahun 2023. Karena rencana pembangunan itu sudah masuk dalam arah kebijakan pada RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2023. Pembangunan yang dilakukan terletak pada kawasan yang ditandai dengan kode 1A.
“Pembangunan IKN Nusantara yang akan dilakukan, meliputi kantor-kantor pemerintah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Selain itu, pada pembangunan tahap pertama ini juga akan dibangun perumahan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta perumahan TNI/Porli,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monarfa, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga :   SoftBank Batal Berinvestasi di IKN Nusantara

Sementara itu, Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas, Scenaider Clasein Hasudungan Siahaan menambahkan, pembangunan-pembangunan yang dilakukan pada kawasan 1A padaIKN Nusantara di Kalimantan Timur bakal menggunakan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Misalnya, pembangunan kantor-kantor pemerintahan dan sebagian rumah untuk para PNS serta aparat keamanan TNI/Porli.

“Pembangunan kawasan perkantoran dan perumahan dibiayai APBN, antara lain istana, kantor pemerintahan, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Untuk memperkuatan alokasi pada prioritas, pihaknya akan menekankan pada alokasi yaitu menyelesaikan pembangunan infrastruktur. Hal itu dilakukan agar ke depannya tidak ada yang mangkrak atau setengah jadi,” ujar Scenaider dalam Kick Off Meeting Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023 secara virtual, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga :   Harga Tanah di Kawasan Ibu Kota Negara Akan Naik

Dia menjelaskan, untuk pembangunan IKN pada tahap kedua pemerintah bakal mulai mengembangkan fase kota. Misalnya, pembangunan pusat-pusat inovasi hingga pusat-pusat ekonomi. Adapun proyek-proyek yang di biayai oleh APBN adalah jalan Tol, Jalan non Tol, Simpul konektivitas, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Baca Juga :   Wakil Ketua DPRD Ajak Warga DKI Tolak IKN

“Sedangkan dari sektor pertanahan dan keamanan, lahan, Sarpas Hankam (TNI, Porli, BIN) juga bakal di biayai oleh APBN. Jika mengutip Buku Saku IKN yang diterbitkan Bappenas, ada beberapa pembangunan lain yang menggunakan skema pendanaan APBN, seperti pembangunan pangkalan militer, pengadaan lahan dan infrastruktur dasar (jalan akses), diplomatic compound (lahan), dan ruang terbuka hijau (termasuk taman budaya),” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO