Inilah Objek Vital Negara dan Bisnis yang Terancam Tsunami 8 Meter di Cilegon

JagatBisnis.com –  Sejumlah objek vital negara dan kawasan bisnis yang berada di kawasan Cilegon, Provinsi Banten dalam ancaman tsunami setinggi 8 meter. Objek vital negara yang terdapat di lokasi tersebut antara lain Pelabuhan Merak, Pelabuhan Cigading Habeam Centre, PLTU Suralaya, hingga PLTU Krakatau Daya Listrik. Sementara itu, kawasan bisnis yang terancam akibat adanya tsunami tersebut, antara lain Kawasan Industri Krakatau Steel dan Krakatau Tirta Industri Water Treatment Plant.

Baca Juga :   KSOP Klas 1 Banten Keluarkan NtM Hadapi Tsunami di Cilegon

“Tak hanya mengancam bangunan yang sudah ada, sejumlah pembangunan kawasan bisnis dan objek vital juga dapat terganggu akibat bencana alam tersebut. Proyek-proyek tersebut, antara lain rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda dan rencana pembangunan Kawasan Industri Berikat Selat Sunda,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, Rabu (16/2/2022).

Selain itu, lanjut dia, ancaman gempa bumi dan tsunami tersebut juga menyimpan bahaya lainnya, yakni kegagalan teknologi. Kegagalan tersebut dikhawatirkan dapat merusak infrastruktur, lingkungan, penyakit dan cidera bagi manusia.

Baca Juga :   Warga di Pesisir Pantai Pacitan Diminta Waspada Potensi Tsunami

“Karena letak Kot Cilegon yang berada di ujung barat Pulau Jawa, di tepi Selat Sunda, selain strategis juga menyimpan potensi berbahaya yang cukup besar jika sewaktu-waktu terjadi gempa dan tsunami,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO