25 Februari, Belanda Cabut Prokes Corona

JagatBisnis.com – Belanda akan mencabut hampir semua aturan pembatasan atau protokol kesehatan COVID-19. Pencabutan itu akan dimulai pada 25 Februari 2022.

Kebijakan baru itu di antaranya mengembalikan jam operasional bar, restoran, dan klub malam seperti pada masa pra-pandemi. Menjaga jarak dan menggunakan masker juga tidak lagi wajib di sebagian besar tempat.

Dikutip dari AFP, Menteri Kesehatan Belanda Ernst Kuipers tetap memperingatkan bahwa pandemi COVID-19 masih belum berakhir, meskipun sejumlah aturan sudah dilonggarkan.

Baca Juga :   Kualitas Pendidikan Tinggi di Belanda Diakui Dunia

Pria yang baru menjabat sebagai Menkes pada 10 Januari 2022 ini meminta agar kelompok rentan untuk tetap berhati-hati.

Baca Juga :   Belanda Akan Cetak Rekor Jumlah Perempuan di Dalam Kabinet

“Negara akan terbuka lagi,” kata Kuipers dikutip Rabu (16/2).

“Kita akan kembali menerapkan jam tutup normal seperti yang berlaku sebelum corona, [dan] tidak perlu jaga jarak 1,5 meter lagi,” imbuhnya.

“Masker hanya wajib di transportasi umum dan di bandara. Jaga jarak dan pakai masker tetap dianjurkan, tapi tidak menjadi sebuah kewajiban,” tambah Kuipers.

Baca Juga :   Indonesia Tuntut Pengembalian Artefak Bersejarah dari Belanda

Pemerintah Belanda telah memberlakukan pembatasan kegiatan ketat pada Desember 2021, setelah lonjakan kasus COVID-19 akibat varian Omicron. Namun, aturan itu mulai dicabut secara bertahap.

Kebijakan pembatasan di Belanda juga sempatt mendapatkan tentangan dari masyarakat. (pia)

MIXADVERT JASAPRO