Bus Tabrak 9 Kendaraan yang Berhenti di Lampu Merah

JagatBisnis.com – Kecelakaan beruntun melibatkan 10 kendaraan terjadi Perempatan Ringroad Ketandan Banguntapan Bantul, Jumat (11/2/2022) malam. Meski kerusakan yang ditimbulkan cukup parah namun beruntung peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Unit (Kanit) Lantas Polsek Banguntapan Iptu Rumpoko menuturkan kecelakaan tersebut terjadi Jumat (11/2/2022) sekitar pukul 22.40 WIB. Kecelakaan terjadi Ringroad Timur di Jln. Ahmad Yani tepatnya Simpang empat Ketandan Dusun Ketandan, Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan.

“Kecelakaan melibatkan 10 kendaraan,” papar dia.

Kecelakaan tersebut melibatkan Bus Mira Nomor Polisi S-7262-US dengan mobil Honda City AB-1025-MQ dengan Truck Box AD-1998-AU, dengan mobil Honda Brio AB-1726-DA. Tak hanya itu ada mobil Toyota Avanza R-1807-BB, dengan mobil Mitsubishi Expander AB-1186-PX.

Di samping itu juga ada mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi AB-1050-RM dan juga dua sepeda motor masing-masing Yamaha Mio AB-2586-KW dan sepeda motor Honda Beat BM- 6858-KQ. Korban hanya mengalami luka-luka.

“Kecelakaan ini masih kami selidiki penyebabnya,” ungkap dia.

Baca Juga :   Remaja 16 Tahun di Pekalongan Tewas Usai Tertabrak Truk Box

Kecelakaan lalu lintas berawal saat pengemudi Bus Mira S-7262-US, Kumaidi (53) warga Ganten Rt 007, Rw 001, Desa Jurangombo, Kecamatan Magelang, Kab Magelang Jawa Tengah melaju dari arah selatan (terminal Giwangan) ke utara (Janti). Bus melaju dengan kecepatan tinggi.

Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP) mendekati lampu merah di Simpang Ketandan, pengemudi kehilangan kendali. Bus melaju tak terkendali kemudian menabrak rombongan kendaraan yang sedang berhenti menunggu lampu traffic menyala hijau.

“(Bus tabrak) Sembilan kendaraan berhenti karena lampu merah. Satu truk, 6 mobil dan dua sepeda motor,” kata dia.

Bus tersebut pertama menabrak dari belakang ke Honda City AB-1025-MQ kemudian menabrak Mitsubishi Truck Box AD-1998-AU kemudian menabrak Honda Brio AB-1726-DA kemudian menabrak Toyota Avanza R-1807-BB kemudian menabrak Mitsubishi Pajero AB-1050-RM.

Tak hanya itu, kendaraan Mitsubishi Pajero langsung menabrak Mitsubishi Expander AB-1186-PX kemudian terdorong ke depan menabrak Sepeda motor Yamaha Mio AB-2586-KW dan Honda Beat BM-6858-KQ. Sehingga terjadilah kecelakaan lalu lintas beruntun.

Baca Juga :   Satu Orang Tewas, Belasan Luka-Luka akibat Bus Masuk Sungai

“Kalau pengemudi bus, truk dan mobil tidak mengalami luka. Pengendara motor yang luka-luka,” tambahnya.

Pengendara Yamaha Mio AB-2586-KW yaitu Fadli Gilang Sidkhi (22) warga Jomblangan Rt 011, Banguntapan, Banguntapan mengalami patah tulang Kaki Kanan dirawat di RSPAU Dr Hardjolukito Yogyakarta. Pengendara Honda Beat BM-6858-KQ, Roni Rahmad Kurniadi (23) warga Jl. Jend Sudirman Rt 003, Rw 008, Muaralembu, Singingi, Kuantan Singingi, Riau hanya mengalami luka Ringan.

“Kerugian materi mencapai Rp 300 juta lebih,” kata dia.

Usai kecelakaan Bus Hino Mira S-7262-US mengalami kerusakan pada kaca depan pecah dan bemper depan ringsek. Mobil Honda City AB-1025-MQ mengalami kerusakan pada body belakang dan samping kanan ringsek

Mitsubishi Truck Box AD-1998-AU mengalami kerusakan pada bok belakang miring dan body depan kanan ringsek. Mobil Honda Brio AB-1726-DA mengalami kerusakan pada body belakang ringsek. Mobil Toyota Avanza R-1807-BB mengalami kerusakan pada body depan dan belakang ringsek.

Baca Juga :   Kereta Cepat China Kecelakaan di Guizhou

Mobil Mitsubishi Pajero AB-1050-RM mengalami kerusakan pada body belakang dan samping kanan ringsek. Mitsubishi Expander AB-1186-PX mengalami kerusakan pada body depan dan belakang ringsek. Sepeda motor Yamaha Mio AB-2586-KW mengalami kerusakan pada body belakang ringsek.

“Honda Beat BM-6858-KQ mengalami kerusakan pada lampu belakang pecah,” terangnya.
Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Gunawan menururkan pihaknya masih memeriksa sopir bus tersebut. hilang kendalinya karena pengemudi hilang konsentrasi saat di lampu merah sehingga menabrak beberapa kendaraan yang sedang berhenti pada saat lampu traffic berwarna merah

“Penyebab hilangnya konsentrasi sopir bus tengah mereka dalami karena sopir bus malam itu yang memicunya. Kita sedang dalami apakah ngantuk atau yang lain ini perlu dibuktikan,”ujar dia.

Berdasarkan dari hasil introgasi pengemudi di lokasi kejadian pengemudi saat itu blank alias tak sadar. Dan yang ia tahu hanya langsung menabrak kendaraan dan terlambat mengantisipasinya sehingga terjadi taberakan beruntun tersebut. (pia)

MIXADVERT JASAPRO