Tips Jaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi

JagatBisnis.com – Psikolog Sundari Indah membagikan sejumlah tips untuk membantu masyarakat menjaga kesehatan mental dari rumah selama pandemi COVID-19.

Dalam acara yang digelar daring, Selasa (8/2/2022), Indah mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan positif seperti menjalani hobi dapat membantu menjaga kesehatan mental di tengah kondisi pandemi yang berkepanjangan.

“Jangan lupa juga bahwa kita punya hobi. Ternyata membeli alat-alat kesenian atau barang-barang yang sifatnya sesuai dengan hobi kita itu bisa membantu proses menjaga kesehatan mental kita,” kata Indah.

Baca Juga :   Cara Jitu Kenali Demam karena COVID-19

Menurut dia, dengan menjalani hobi yang disukai dapat menimbulkan rasa bahagia dalam diri yang berdampak positif terhadap kesehatan mental.

Hobi atau kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan seperti belajar melukis atau membuat kerajinan tangan. Selain itu, menulis jurnal harian juga dinilai dapat membantu mengurai emosi-emosi negatif dalam diri agar lebih mudah dipahami.

“Selain menulis, perbanyak kegiatan membaca buku, contohnya terkait pengembangan diri,” kata dia.

Baca Juga :   Nyeri Pinggang Seperti Ini, Waspada Bisa Jadi Batu Ginjal

Tips lainnya adalah menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat. Menurut Indah, hal itu bisa membuat seseorang lebih tenang dan tidak merasa sendirian.

“Bahkan dukungan teman atau keluarga bisa membantu menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi,” ucapnya.

Lebih lanjut Indah mengatakan, terdapat beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental.

Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, produktivitas menurun, hingga keluhan psikosomatis seperti timbul rasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik, yang biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas.

Baca Juga :   Akses ke Pangandaran dan Ciwidey Ditutup

Untuk itu, kata dia, perlu disediakan waktu untuk istirahat dari rutinitas, termasuk bekerja, dengan melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran bisa kembali segar.

Terakhir, Indah menyarankan untuk melakukan rutinitas olahraga yang menyenangkan, seperti yoga, lari pagi, atau bermain sepatu roda. (pia)

MIXADVERT JASAPRO