89 Penumpang Pesawat Positif COVID-19

JagatBisnis.com – Penumpang pesawat yang tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado dan dinyatakan positif COVID-19 terus bertambah. Selang empat hari di bulan Februari 2022 ini, sudah ada 89 penumpang yang dinyatakan positif COVID-19 setelah dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel, menyebutkan jika para penumpang yang positif tersebut berasal dari penerbangan domestik berbagai daerah yang tiba di Bandara Sam Ratulangi.

“Penerbangan dari berbagai daerah,” kata Dandel saat dihubungi manadobacirita.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di Bangkalan Makin Tinggi

Dandel menyebutkan jika para penumpang yang positif COVID-19 langsung dikarantina sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga bisa meminimalisir kontak erat. Walaupun demikian, dia mengaku setelah ditelusuri setiap penumpang rata-rata memiliki kontak dengan 100 orang.

Menurut Dandel, para penumpang yang positif antigen ini sudah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan PCR, dan baru akan diumumkan dan dimasukkan ke dalam database sebagai pasien COVID-19 oleh pemerintah pusat.

Baca Juga :   Anies Minta Warga Sabtu-Minggu di Rumah Aja

“Ini menjadi warning untuk semua pihak, jika COVID-19 itu masih ada. Patuhi protokol kesehatan, dan untuk orang yang mau bepergian atau berangkat ke luar daerah, untuk semakin waspada dan melindungi diri dengan maksimal,” ujar Dandel.

Sekadar diinformasikan, Provinsi Sulawesi Utara menerapkan kebijakan tes antigen ulang untuk seluruh pelaku perjalanan yang tiba di daerah tersebut, baik lewat Bandara Sam Ratulangi maupun Pelabuhan Laut.

Baca Juga :   31 Warga di Kepulauan Bangka Belitung Diisolasi

Kebijakan ini sudah berlangsung sejak tahun 2021, di mana hal ini sempat menjadi pintu masuk pengungkapan kasus dokumen PCR dan antigen bodong yang digunakan oleh para penumpang pesawat. Pasalnya, para pelaku perjalanan yang tiba di Sulawesi Utara tetap diwajibkan untuk antigen ulang, walaupun mereka telah memiliki dokumen PCR maupun antigen sebagai syarat bepergian. (pia)

MIXADVERT JASAPRO