Ridwan Kamil: Semua RS di Jabar Siaga 1

Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil

JagatBisnis.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi varian Omicron dan meminta semua rumah sakit di Jabar siaga 1.

Status siaga 1 untuk rumah sakit diberlakukan sekaligus menyikapi tingkat keterisian kamar atau Bed Occupancy Rate (BOR) pasien COVID-19 meningkat.

“Saya sudah perintahkan semua rumah sakit siaga 1. Bed ditingkatkan, oksigen disiapkan plus treatment-nya,” kata kang Emil, sapaan akrabnya.

Baca Juga :   80 Persen Kasus Corona di RI Mulai Melandai

Penerapan status siaga 1 tersebut dikhususkan di wilayah aglomerasi Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), dan Bandung Raya. Pasalnya, di wilayah itu terjadi lonjakan kasus cukup signifikan yang terindikasi varian Omicron.

COVID-19 varian Omicron diketahui memiliki daya tular yang cukup cepat. Di Indonesia varian ini tingkat fatalitasnya lebih rendah dari varian delta, apalagi jika menyerang orang yang sudah divaksin lengkap.

Baca Juga :   Epidemolog Ungkap Cara Cegah Sebaran Omicron

“Omicron itu seperti kata Pak Menkes cepat menular, tapi juga cepat sembuh, tiga sampai empat hari biasanya sembuh,” ujarnya.

Untuk itu bagi masyarakat yang terkonfirmasi varian omicron, namun bergejala ringan, sebaiknya diisolasi di rumah masing-masing, dengan pengawasan dan obat-obatan yang cukup.

Sebab, katanya, perawatan di rumah sakit hanya bagi pasien yang bergejala berat, seperti demam, flu, batuk, saturasi rendah dan punya komorbid.

Baca Juga :   Menkes: Atasi Omicron dengan Cara Pasien Rawat di Rumah

“Jadi kalau gejalanya ringan terus ingin dirawat di rumah sakit nanti menaikkan BOR,” jelasnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktivitas. Pandemi COVID-19 hingga saat ini belum diketahui kapan akan berakhir.

“Protokol kesehatan tidak boleh diabaikan supaya kita jangan kalah oleh pandemi yang datang silih berganti dan belum selesai,” pungkasnya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO