Hantaman Pandemi Bikin Penduduk Miskin Naik 16 Ribu

JagatBisnis.com – Badan Pusat Statistik merilis data survei kemiskinan per September 2021. Dalam data terbaru, penduduk miskin di Aceh naik 16,02 ribu orang sehingga totalnya menjadi 850,26 ribu orang atau 15,53 persen.

Kenaikan ini membuat Aceh menjadi provinsi kelima termiskin di Indonesia. Namun, Pemerintah Aceh menyebut sebab kemiskinan di Aceh tidak turun salah satunya dipengaruhi pandemi.

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA, mengatakan, tren data tersebut menunjukkan angka kemiskinan di Aceh stagnasi pada 15 persen meski ada penambahan digit desimal terkait penambahan angka kemiskinan.

Baca Juga :   Ada 15,5 Juta Orang Tinggal di Rumah Tak Layak Huni, Sektor Properti Terus Didorong

“Salah satu hal tentu pada periode pemerintahan kali ini akibat hantaman pandemi global COVID-19. Dan ini berlaku mendunia, tidak hanya Aceh, tentu nasional dan kabupaten kota,” kata Muhammad, pada Kamis (3/2).

Sebenarnya, kata dia, stagnasi angka kemiskinan ini semacam kemampuan semua pihak di Aceh, terutama masyarakat, dalam menghadapi pandemi global. “Kita mampu bertahan di tengah hancurnya ekonomi dunia. Insyaallah dengan kebijakan anggaran yang memprioritaskan pemberdayaan ekonomi masyarakat ke depan kondisi ini akan membaik,” katanya.

Baca Juga :   Penduduk Miskin di Kabupaten Bekasi Meningkat Hingga 202.700 Jiwa

Pemerintah Aceh akan mengambil langkah konkret bersama pemerintah kabupaten dan kota dalam mengatasi kemiskinan. Misalnya, pendampingan atas pengelolaan dana desa. “Yang seharusnya memberikan dampak ekonomi paling mendasar di gampong-gampong,” ujar Muhammad.

Dampak pandemi sebagaimana disebut Muhammad berbanding terbalik dengan persentase kemiskinan di Indonesia yang justru menurun pada September 2021, meski juga terdampak penyebaran virus. Pada Maret 2021 kemiskinan di Indonesia 10,14 persen dan kini turun jadi 9,71 persen.

Baca Juga :   Atasi Kemiskinan Ekstrem Kartu Sembako Diisi Ulang Selama 3 Bulan

Secara umum, kemiskinan sebagian besar provinsi di Indonesia justru turun per September 2021. Aceh menjadi satu di antara lima provinsi yang kemiskinannya naik pada periode ini. Selain Aceh, ada Bali, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Papua. (pia)

MIXADVERT JASAPRO