16 Kampus di Yogya Mulai Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Bisa Daftar dari Rumah

JagatBisnis.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menggelar penerimaan mahasiswa baru (PMB) bersama tahun 2022. Sebelumnya PMB telah sukses di tahun 2020 dan 2021.

Ketua Aptisi Wilayah V DIY, Prof Fathul Wahid, menjelaskan PMB bersama ini bisa diakses melalui laman Jogjaversitas.id.

“Tahun 2022, terdapat 16 perguruan tinggi swasta yang telah bergabung, dengan cacah pilihan program studi yang berpartisipasi sebanyak 133 program studi. Jumlah ini akan terus bertambah,” jelas Fathul dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/2).

Baca Juga :   Jumlah Siswa yang Mendaftar ke SMK di Jabar Meningkat

Rektor UII tersebut menjelaskan bahwa melalui PMB bersama ini, calon mahasiswa akan semakin dimudahkan karena hanya cukup satu kali memasukkan nilai rapor dan dapat memilih hingga tiga program studi dari perguruan tinggi yang berbeda di DIY.

Untuk hasil seleksi akan diumumkan langsung setelah pendaftar selesai memilih program studi dan memasukkan nilai rapor.

Baca Juga :   Alumni Belanda Minta Penguatan Kontribusi Peneliti, Kurangi Dampak Covid-19

PMB bersama ini dipastikan gratis. Setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi, baru akan berlaku biaya pendaftaran di masing-masing perguruan tinggi.

“Calon mahasiswa yang belum diterima di tiga program studi yang dituju, juga dapat melihat dan memilih program studi-program studi lain yang direkomendasikan di situs Jogjaversitas.id yang sesuai dengan nilai rapor yang diajukan,” kata Fathul.

Baca Juga :   Siapkan 4 Hal Ini Bila Ingin Sekolah ke Luar Negeri

Melalui pola seleksi ini, diharapkan akan mempermudah calon mahasiswa dari luar DIY. Mereka bisa mendaftar kuliah di banyak perguruan tinggi swasta di DIY tanpa perlu keluar rumah.

Pada 2021 lalu PMB Bersama Jogjaversitas mencapai 2.593 pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah itu meningkat dibanding tahun 2020, di mana terdapat 1.938 pendaftar. (pia)

MIXADVERT JASAPRO