Usulan PJJ Ditolak, PTM Kembali 50 Persen

JagatBisnis.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusulkan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Jakarta ditiadakan selama sebulan ke depan. Pembelajaran kembali di rumah atau daring sambil memantau perkembangan kasus Covid-19. Namun, usulan tersebut ditolak dan PTM di sekolah dilakukan kembali dengan kapasitas diturukan dari 100 persen menjadi 50 persen.

“Hasil perundingan kami dengan Pemerintah Pusat memutuskan PTM di sekolah Ibu Kota dengan kapasitas 100 persen diturunkan kapasitasnya, yakni menjadi 50 persen. Selebihnya, siswa bisa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Pria yang biasa disapa Ariza ini mengungkapkan, keputusan ini merupakan hasil diskusi yang sudah disampaikan sebelumnya kepada Pemerintah pusat. Adapun hasil dari diskusi tersebut telah dikoordinasikan dengan pemerintah dan akan diuji cobakan mulai Jumat (4/2/2022) besok.

Baca Juga :   Sekolah di Yogyakarta Terapkan PTM 50 Persen

“Keputusan PTM di sekolah dengan kapasitas 50 persen, berasal dari diskusi bersama dan keputusan Pemerintah Pusat. Maka, kami harus patuhi dan perlu ditaati,” terangnya.

Baca Juga :   PPKM di Jakarta Level 3, Anies: WFH 75 Persen, PTM 50 Persen

Dia menjelaskan, alasan pihaknya mengusulkan diberhentikannya PTM di Jakarta. Karena PTM diatur melalui Surat Keputusan Bersama ( SKB ) 4 menteri sebagaimana disesuaikan dengan level PPKM melalui instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). Sehingga ada perbedaan keputusan saat diberlakukan PSBB berbeda dengan saat ini.

Baca Juga :   Sekolah di Yogyakarta Terapkan PTM 50 Persen

“Berbeda ketika dulu kita menggunakan rezim PSBB. Pada saat PSBB keputusan PTM itu diatur melalui kewenangan gubernur. Karena dengan diberlakakukannya PJJ dapat mengurangi penyebaran Covid-19 dikalangan anak-anak. Apalagi, saat itu kondisi di Jakarta membutuhkan anak-anak untuk mengurangi risiko dan usulan dari Jakarta. Maka, PTM di sekolah dihentikan dan PJJ di rumah,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO