KAI Ajak DAMRI Kerjasama Layanan Antarmoda

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bekerja sama dengan Perum DAMRI menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan bus DAMRI. Dengan kerja sama itu, pelanggan KA jarak jauh dapat memesan tiket bus untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, inovasi ini merupakan langkahnya dalam membangun suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh. Karena integrasi antarmoda pada aplikasi itu merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan melalui kemudahan memesan tiket bus pada satu aplikasi.

“Hadirnya layanan first mile dan last mile menggunakan bus ini diharapkan dapat membantu pelanggan KA yang ingin melanjutkan perjalanannya dari stasiun ke tujuan selanjutnya ataupun sebaliknya,” kata Didiek seperti dikutip dari laman resmi kai.id, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga :   Tak Hanya Pesan Tiket, Semua Bisa Dilakukan di Aplikasi KAI Access

Sementara itu, Direktur Utama DAMRI, Setia N. Milatia Moemin berharap, kerja sama ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam perjalanan terutama pada first dan last mile, serta memudahkan pelanggan dalam bertransportasi.

Baca Juga :   Pagar Tembok Stasiun Purwokerto Dipercantik dengan Mural

“Kami pun terus mengembangkan sistem digitalisasi dalam pembelian dan pembayaran tiket, yaitu melalui DAMRI Apps maupun situs penjualan DAMRI,” ucap dia.
Dia menambahkan, untuk dapat menggunakan layanan add on Bus DAMRI, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access nya ke versi 4.9.0. Cara untuk mendapatkan tiket bus adalah dengan memilih tiket KA yang sudah dibeli pada menu my ticket, lalu pilih menu layanan, kemudian pilih menu Bus. Menu layanan Bus tersedia di aplikasi hingga 1 jam sebelum kedatangan kereta di stasiun tujuan.

Baca Juga :   PT KAI Perbolehkan Penumpang Buka Puasa di Dalam Kereta

“Metode pembayaran yang dapat digunakan untuk layanan antarmoda ini adalah melalui KAIPay, e-Wallet, dan QRIS. Setelah berhasil melakukan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan QR Code bus untuk selanjutnya ditunjukkan kepada petugas di loket kami,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO