Vaksinasi Bukan Syarat Wajib Anak Bisa Ikut PTM

JagatBisnis.com – Beredarnya berita hoaks (bohong) terkait vaksinasi Covid-19 untuk anak 6-11 tahun yang menjadi syarat untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Informasi tersebut langsung dibantah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di media sosial, Instagramnya.

Dia menegaskan, anak yang belum divaksinasi Covid-19 tetap bisa mengikuti PTM. Namun, dengan adanya vaksinasi dapat mendorong dan mendukung keamanan anak agar bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik. Apalagi, vaksinasi bagi anak bukan merupakan syarat mutlak mengikuti PTM. Akan tetapi, para orang tua diminta untuk mengingatkan anaknya guna mematuhi protokol kesehatan.

“Selama hampir dua tahun, anak-anak telah melakukan pembelajaran jaraj jauh (PJJ) dari rumah. Sehingga terjadi penurunan capaian belajar pada anak dalam kurun waktu tersebut. Makanya, kami ingin segera memulihkan proses belajar mengajar. Sehingga anak-anak bisa melaksanakan PTM dengan normal,” kata Riza seperti dikutip dari akun media sosialnya, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga :   Bolehkah Anak dengan Diabetes Vaksin COVID-19?

Dia menjelaskan, vaksinasi merupakan modal besar pemerintah untuk mendukung PTM di sekolah. Pemerintah tidak menjadikan vaksinasi Covid-19 bagi anak sebagai syarat untuk mengikuti PTM. Meski demikian, anak diwajibkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama berada di lingkungan pembelajaran.

Baca Juga :   Pria Nangis Histeris hingga Peluk Istri karena Takut Divaksin

“PTM yang tidak mewajibkan anak harus sudah vaksin sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memang menganjurkan anak-anak untuk divaksin agar mendapatkan proteksi lebih dari Covid-19. Karena berhentinya PTM selama dua tahun menjadi urgensi bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kembali melaksanakan PTM. Namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO