Hujan Lebat, Toko Bangunan di Kuningan Nyaris Terseret Longsor

JagatBisnis.com – Musibah tanah longsor menimpa sebuah TPT di depan area pertokoan Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Material longsoran tanah nyaris menyeret bangunan toko yang tepat berada diatasnya.

Peristiwa ini terjadi saat hujan cukup lebat dengan intensitas lama pada Senin (31/1/2022) petang. Akibat longsor, badan jalan penghubung Cirukem-Garawangi sempat tertutup material longsoran tanah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, menyampaikan, jika laporan adanya musibah tanah longsor diterima sekira pukul 18.30 WIB. Saat itu, petugas langsung diterjunkan untuk melakukan assesment di lokasi kejadian.

Baca Juga :   Tertimbun Longsor, Bocah Lima Tahun Meninggal Dunia

“Tidak ada korban jiwa. Jadi kejadiannya tembok penahan tebing di depan Toko Asahi milik Pak Uha Subagja ambruk atau longsor. Sehingga material tanah dan tembok menutupi sebagian badan jalan akses Desa Cirukem-Garawangi,” jelasnya.

Baca Juga :   Dua Korban Longsor Tapsel Ditemukan Tewas

Dia merinci, volume TPT yang mengalami longsor berukuran panjang 18 meter, tinggi 3 meter dan lebar 2 meter.

“Akses lalu lintas dari arah Desa Cirukem juga sempat terhambat. Sebab kondisi jalan tertutup material longsoran,” imbuhnya.

Sementara Kepala Damkar Kuningan, Khadafi Mufti menambahkan, pembersihan material tanah longsor dilakukan bersama petugas gabungan. Kendaraan blambir juga dikerahkan untuk pembersihan bekas material longsor yang menimpa ke jalan.

Baca Juga :   Longsor, Puluhan Warga Pemalang Diungsikan

“Pembersihan bekas longsoran selesai pada jam 9 malam. Yakni pembersihan lumpur dan bahan material bebatuan bongkahan batu yang menghalangi jalur lalu lintas jalan, sekarang jalan sudah bisa dilalui kendaraan,” terangnya.

Pihaknya memperkirakan, kerugian dari longsoran TPT dengan luas 135 meter persegi mencapai Rp 67 juta. Penanganan terhadap bekas  material longsoran masih akan dilakukan pemilik toko hingga tuntas.(pia)

MIXADVERT JASAPRO