COVID-19 di Aceh Melonjak Lagi

JagatBisnis.com – Kurva kasus COVID-19 di Aceh naik lagi. Sebanyak 18 orang dilaporkan positif dalam sepekan terakhir, kasus aktif pun meningkat lagi menjadi 19 orang. Para pasien Corona tersebut sedang dirawat di rumah sakit dan sebagian menjalani isolasi mandiri.

“Kurva kasus COVID-19 di Aceh tampak meningkat, situasi ini patut kita waspadai agar tidak kian melonjak,” tutur Saifullah Abdulgani alias SAG, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh, kepada jurnalis di Banda Aceh, Senin (31/1/2022).

Ia menjelaskan, penambahan kasus baru pada pekan keempat Januari 2022 mencapai 18 orang positif COVID-19. Sementara tiga pekan sebelumnya, kasus-kasus baru muncul secara sporadis di sejumlah kabupaten/kota dan tidak setiap hari ditemukan kasus konfirmasi terinfeksi virus corona itu.

Baca Juga :   Gubernur Riau Waspadai Kasus Impor COVID-19

Enam kasus baru dilaporkan pada 30 Januari 2022, yakni dua warga Aceh Tamiang, dua warga Aceh Besar, dan dua orang penduduk Banda Aceh. Hari ini kembali dilaporkan bertambah tiga kasus baru menyerang warga dua orang warga Aceh Besar dan satu warga Banda Aceh.

“Jumlah kasus aktif di Aceh saat ini sebanyak 19 orang, karena empat orang baru saja dinyatakan sembuh,” jelas SAG.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 di Aceh Melonjak Lagi

Menurutnya, munculnya kasus-kasus positif baru yang kian rapat dalam sepekan terakhir merupakan alarm bagi kita semua agar kembali memperketat protokol kesehatan di kalangan keluarga dan masyarakat. Kegiatan-kegiatan di luar rumah sedapat mungkin dikurangi apabila tidak sangat-sangat diperlukan.

Selain memperketat kembali protokol kesehatan, lanjut SAG, juga melakukan vaksinasi COVID-19. Protokol kesehatan dan vaksinasi masih merupakan ‘obat mujarab’ menghindari infeksi virus corona. “Bagi orang tertentu mungkin menjemukan mendengar anjuran protokol kesehatan dan vaksinasi, tapi kita tak akan berhenti karena itulah tameng pelindung diri dari Covid-19 yang belum ada obatnya itu,” katanya.

Baca Juga :   Saat Maghrib, Semua Tempat Usaha di Aceh Barat Wajib Tutup

Update Corona di Aceh
Saifullah Abdulgani juga melaporkan total kasus COVID-19 di Aceh per 31 Januari 2022, tercatat sebanyak 38.458 orang. Pasien yang sembuh atau penyintas sebanyak 36.372 orang, dan pasien aktif sebanyak 19 orang. Sementara kasus meninggal dunia tercatat 2.067 orang sejak pandemi Corona melanda Aceh akhir Maret 2020 lalu.

Kemudian data kasus probable secara akumulatif, sebanyak 892 orang, yang sembuh sebanyak 809 orang, dan 83 orang tercatat meninggal dunia sejak wabah virus Corona melanda Aceh. (pia)

MIXADVERT JASAPRO